Banyak Belum Tahu !! Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Dewandaru

BNews-KESEHATAN- Buah Dewandaru, yang juga dikenal sebagai ceri Surinam, adalah buah tropis yang berasal dari keluarga myrtle (Myrtaceae). Pohonnya dapat mencapai tinggi 25 kaki dan memiliki bunga berwarna putih.

Buah Dewandaru memiliki ukuran kecil, dengan lebar sekitar 2 hingga 4 sentimeter. Setiap buah memiliki tujuh atau delapan rusuk vertikal sehingga tampak seperti labu kecil. Ketika matang, buah ini berubah warna dari hijau menjadi oranye.

Nah, apakah Anda ingin mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan dari buah Dewandaru? Berikut ini ulasannya!

Kandungan Nutrisi Buah Dewandaru

Buah Dewandaru, juga dikenal sebagai ceri Pitanga, terkenal dengan beberapa nama seperti ceri Suriname, ceri Brasil, ceri Florida, atau ceri cabai rawit. Buah ini berasal dari Suriname dan beberapa negara Amerika Selatan seperti Guyana, Brasil, dan Uruguay.

Dalam 100 gram buah Dewandaru mengandung:

  • Air: 90,8 gram
  • Kalori: 33 kilokalori
  • Energi: 138 kilojoule
  • Protein: 0,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 7,49 gram
  • Kalsium: 9 mg
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 12 mg
  • Fosfor: 11 mg
  • Kalium: 103 mg
  • Natrium: 3 mg
  • Vitamin C: 26,3 mg
  • Tiamin: 0,03 mg
  • Riboflavin: 0,04 mg
  • Niasin: 0,3 mg
  • Vitamin A: 1500 mcg

Manfaat-Manfaat Buah Dewandaru

Buah Dewandaru memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Berkat kandungan-kandungan ini, buah ini memiliki sifat antiseptik, antitumor, astringen, dan antibakteri yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lalu, apa saja manfaat dari buah Dewandaru?

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Dewandaru mengandung antioksidan yang kaya akan vitamin penting yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini diperlukan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Studi yang berjudul “Vitamin C and immune function” yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrients menemukan bahwa vitamin C membantu merangsang migrasi neutrofil ke tempat infeksi, meningkatkan fagositosis dan pembentukan oksidan, serta membunuh mikroba.

Dengan demikian, vitamin C diperlukan agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan dan mempertahankan respons yang memadai terhadap patogen, sekaligus mencegah kerusakan berlebih pada jaringan tubuh.

Selain buah Dewandaru, ada juga jenis buah lain yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Buah Dewandaru memiliki sifat astringen yang dapat mengurangi sekresi. Artinya, kandungan-kandungan ini dapat digunakan dalam pengobatan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sifat antiseptik dan astringen buah Pitanga membantu mengatasi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur. Kulit tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan masalah saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Buah Dewandaru memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan paru-paru. Sifat ini membantu mengurangi gejala pernapasan yang terkait dengan kondisi seperti asma atau bronkitis.

  1. Memberikan Energi Tambahan

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah Dewandaru memberikan energi yang dibutuhkan untuk fungsi organ tubuh. Vitamin ini bekerja dengan enzim tertentu dan mencegah defisiensi yang terkait dengan kekurangan vitamin B kompleks.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah Dewandaru mengandung senyawa penting yang membantu membersihkan penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Meskipun dikonsumsi dalam jumlah besar, buah ini tidak menyebabkan penambahan berat badan karena kandungannya rendah kalori.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Buah Dewandaru memiliki sifat antihipertensi. Sifat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga aliran darah normal serta cukup ke organ ginjal.

Sifat antihipertensi dalam buah ini juga membantu mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah komplikasi yang terkait dengan tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung, gagal jantung, infark miokard, dan stroke.

  1. Kaya akan Antioksidan

Terakhir, buah Dewandaru kaya akan antioksidan seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-karoten, dan rubixanthin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kekuatan antioksidan ini juga membantu melambatkan tanda-tanda penuaan dini dan melawan aksi radikal bebas. Mengonsumsi buah ini secara teratur akan membantu mencegah radikal bebas yang merupakan penyebab utama peradangan dalam tubuh.

Itulah manfaat dari buah Dewandaru yang dapat Anda peroleh jika mengonsumsinya secara teratur. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: