Baru Tahu, Ternyata Buah Ajaib Ini Bisa Mempertajam Pendengaran

BNews—MAGELANG— Seiring bertambahnya umur, pendengaran bisa sedikit demi sedikit melemah. Untuk mempertajam pendengaran, ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan.

Makanan ’ajaib’ yang dimaksud bisa mempertajam pendengaran adalah yang mengandung nutrisi kalium, folat, magnesium, zinc, mangan, vitamin D, vitamin B12 dan omega-3. Fungsi pendengaran yang melemah juga bisa dialami oleh orang-orang di usia muda.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh seringnya mendengarkan musik, berteriak dan mendengar teriakan, serta menonton TV dengan volume tinggi. Jika kondisi telingamu sangat parah, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter dan diperiksa untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

 Kamu juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Berikut Borobudur News rangkum delapan buah yang dapat mempertajam pendengaran seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/9).

Kentang

Kentang mengandung magnesium yang tinggi, yaitu sampai 12 persen. Magnesium ini sangat bermanfaat untuk mempertajam pendengaran. Magnesium pun bisa ampuh untuk melawan efek radikal bebas yang diakibatkan oleh suara keras pada telinga bagian dalam.

Jeruk

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika jeruk tinggi akan berbagai vitamin, terutama vitamin C. Nah, vitamin C bersama vitamin E akan berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan serta menjaga telinga dari infeksi. Sehingga, pendengaran pun tidak mudah terganggu atau bahkan meningkatkan fungsinya.

Jamur

Jamur memiliki vitamin D yang tinggi. Vitamin D ini dapat membantu mencegah tulang telinga yang melunak dan melemah. Pasalnya, tulang telinga yang melunak dan melemah bisa memengaruhi ketajaman pendengaran. Sehingga, penting untuk memenuhi asupan vitamin D setiap harinya.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa memperlancar aliran darah di sistem sensor pendengaran. Maka dari itu, ikan salmon juga bisa menurunkan risiko gangguan pendengaran akibat bertambahnya usia.

Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan antioksidan yang berbentuk asam folat. Jika kekurangan asupan asam folat di dalam darah bisa berpeluang mengalami presbycusis atau gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh bertambahnya usia. Sehingga, dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, bisa memenuhi kebutuhan asam folat agar terhindar dari risiko terkena presbycusis.

Pisang

Pisang tinggi akan kalium. Kalium ini bisa mengatur jumlah cairan dalam darah dan jaringan tubuh, seperti pada telinga bagian dalam.

Kalium kemudian berfungsi juga untuk memproses suara menjadi impuls saraf yang dikirim ke otak. Pisang juga memiliki magnesium yang bisa berfungsi untuk melindungi sel-sel halus pada telinga bagian dalam.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate juga merupakan makanan yang bisa pertajam pendengaran. Cokelat hitam mengandung zinc yang selain bisa perkuat imun tubuh, juga bisa membantu pertumbuhan sel dan melawan infeksi telinga yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Kacang Mede

Nggak hanya cokelat hitam, kacang mede juga mengandung zinc yang bisa pertajam pendengaran, lho. Per ons kacang mede mengandung sebesar 28 gram zinc, sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan zinc sebesar 15 persen. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: