Basarnas Buka Kantor di Kabupaten Magelang, Ini Alasannya

BNews—MAGELANG— Dalam rangka mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Badan SAR Nasional (BASARNAS) memiliki kantor Unit Sar di Kabupaten Magelang.

Kantor yang diberi nama Unit Siaga SAR Borobudur tersebut mulai beroperasi pada 2 Agustus 2021 lalu. Lokasinya berada di Kota Mungkid bersebelahan dengan kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang.

”Pos Unit Siaga SAR Borobudur ini dalam rangka mendukung program KSPN Borobudur dari pemerintah pusat. Arahan dari pusat, kami harus membentuk unit siaga yang diletakkan di wilayah KSPN yang ditentukan oleh pemerintah,” kata koordinator Unit siaga SAR Borobudur, Basuki pada Rabu (18/8/2021).

Kendati Unit Siaga bertujuan untuk mendukung program KSPN, kata dia, secara fungsi akan sama seperti tugas pokok dari BASARNAS. Yakni melayani masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang.

“Kita aktif disini per tanggal 2 Agustus 2021 dengan enam personil resquer dari BASARNAS Semarang,” imbuhnya.

Basuki menjelaskan, kantor tersebut bersifat sementara sambil menunggu tempat yang memungkinan untuk dijadikan kantor Unit Siaga Borobudur secara permanen.

”Kalau di gedung ini kita sementara, sambil menunggu tempat yang memang nanti siap untuk kita gunakan sebagai kantor tetap. (Lokasinya) tetap di  wilayah Magelang,” jelasnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Lebih lanjut, Basuki menyebut bahwa tugas dari BASARNAS sendiri adalah membantu pemerintah dalam hal pencarian dan pertolongan. Sehingga nantinya pihaknya akan selalu turun ke lapangan dalam hal pencarian dan pertolongan pada musibah maupun bencana yang terjadi.

”Kita akan tetap turun untuk pertolongan dan pencarian karena itu tugas pokok kami.  Apalagi terdapat korban jiwa, entah itu musibah maupun bencana,” ujarnya.

Ketika disinggung terkait aktivitas Gunung Merapi, Basuki memaparkan, jika sampai saat ini masih terus menjalin komunikasi secara intensif dengan pihak terkait.

“Kalau memang nanti dari personil atau peralatan kami dibutuhkan dan harus turun maka kami akan turun. Jika dari Unit Siaga Borobudur ini tidak mampu nanti akan didatangkan dari Unit Siaga yang lain,” paparnya.

Dia pun berharap, dengan kehadiran Unit Siaga SAR Borobudur, akan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat terutama terkait dengan pencarian dan pertolongan. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: