BBWSSO Bakal Polisikan Penambang Ilegal

BNews—MAGELANG— Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) bakal mempolisikan kegiatan penambangan di Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Pasalnya, kegiatan penambangan tersebut mengancam bangunan pelindung banjir lahar dingin (sabo dam).
            ”Kita akan koordinasi dengan PPNS (penyidik pegawai negeri sipil) jika memang terbukti kita akan laporkan ke polisi,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengendali Lahar Gunung (PLG) Merapi Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Gunawan, kemarin.
Dia mengatakan pihaknya langsung melakukan peninjauan lapangan terkait adanya laporan penambangan di dekat sabodam ini. ”Kegiatan apapun yang membahayakan bangunan pelindung lahar tidak dibenarkan,” kata dia.
            Menurutnya, sesuai aturan kegiatan penambangan atau sejenisnya harus dilakukan jauh dari bangunan pelindung ini. ”Minimal 500 meter ke atas dan 500 dibawahnya,” kata dia.
            Gunawan mengatakan jika ada kegiatan penambangan di sekitar sabodam maka kegiatan itu adalah ilegal. Pasalnya, jika ada ijin resmi tidak mungkin direkomendasikan kawasan di sekitar Sabodam.
            Sebelumnya diberitakan kegiatan penambangan alat berat mengancam bangunan sabodam di Jenglik Desa Ngbalak Kecamatan Srumbung. Bangunan pelindung dari ancaman banjir lahar dingin itu sudah dalam kondisi menggantung. (bn1)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: