Begini Cara Mendaftarkan Usaha Kamu di Google Maps

BNews—TEKNO— Memiliki usaha yang terdaftar di google maps sangat penting untuk era saat ini. Terutama untuk memudahkan calon pembeli datang.

Usaha toko, warung, restoran, galeri, penginapan atau lainnya seyogyanya mudah dicari titik lokasinya melalui ponsel pintar. Salah satu caranya yakni memasukan indeks di Google Map, dimana aplikasi bawaan smartphone dan buatan Google ini berisi peta digital dan terdapat banyak indeks lokasi yang memungkinkan pengguna internet mencari tempat yang mereka ingin kunjungi . 

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Dengan mencantumkan lokasi usaha di Google Maps,  memungkinkan orang-orang dari berbagai daerah mengetahui usaha Anda. Orang-orang yang mengunjungi lokasi usaha Anda pun dapat memberikan review, komentar, atau foto pada halaman lokasi usaha Anda.

Lalu bagaimana caranya agar lokasi usaha Anda terindeks di Google? Berikut ini cara memasukkan lokasi usaha di Google Maps.


Login ke Google Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google Bisnis. Caranya klik link berikut ini, lalu sign in dengan akun gmail. Jadi kalian harus memiliki akun gmail dahulu.

Isilah data usaha anda

Setelah berhasil mendaftar di Google Bisnis, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang terkait dengan informasi usaha Anda. Informasi yang ditanyakan seperti nama usaha, jenis usaha, alamat lengkap usaha, nama pemilik, dan infomasi kontak usaha. Isilah dengan selengkap-lengkapnya karena Google agar memudahkan Google mengirim kode verifikasi. 

Mengindeks lokasi usaha

Setelah mengisi semua data usaha, Anda akan diminta untuk menentukan titik lokasi Anda di Google Maps. Letakan titik lokasi tersebut tepat pada toko Anda berada. 

Terima kode verifikasi

Selanjutnya, Google akan meminta izin mengirim kode verifikasi untuk memastikan bahwa lokasi usaha benar-benar ada. Biasanya Google akan mengimkan surat (fisik) ke lokasi melalui pos. Surat akan sampai di lokasi Anda dalam beberapa hari. Jika sudah tiba, buka suratnya dan Anda akan menemukan kode verifikasi. Login kembali ke akun Google Bisnis dan masukan kode verifikasinya. 

Lokasi anda terindeks di google

Jika kode verifikasi berhasil Anda masukan, itu artinya lokasi Anda telah resmi terindeks di Google Maps. Tambahkanlah beberapa foto yang menggambarkan lokasi usaha. Selain itu, lengkapi juga dengan informasi kapan toko tersebut buka dan tutup agar memberikan lebih banyak informasi kepada orang lain. 

Biasanya nanti pihak google akan memberikan pemberitahun melalui email atau dihubungi langsung terkait konfrimasi lokasi yang kalian indeks. Atau bahkan pihak google akan membantu konfrimasi kelengkapan data yang kalian isikan. (Internet/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: