Begini Cara Pemuda di Kebonrejo Magelang untuk Lestarikan Lingkungan

BNews—MAGELANG— Sejumlah pemuda warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang melakukan tabur benih ikan di Sungai Prawu pada Rabu (18/8/2021). Hal ini untuk menjaga kelangsungan ekosistem sungai tersebut.

Salah satu pemuda Desa Kebonrejo, Fadil mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena adanya keprihatinan warga terhadap ekosistem lingkungan khususnya sungai.

”tabur benih dilakukan karena kami melihat populasi ikan di Sungai Prawu ini hampir punah,” katanya, usai melepaskan benih ikan, Rabu (18/8/2021).

Dia menyebut, ada sebagian warga yang sering mencari ikan di aliran Sungai Prawu ini untuk dijadikan lauk. Karenanya, sudah selayaknya kelestarian ikan ini dilakukan agar populasinya tetap terjaga.

”Bibit ikan sendiri sekitar 12 kilogram, kami beli dengan cara swadaya. Ada ikan Tawas, Melem dan Nila,” ujar Fadil.

Pemuda lainnya, Agus Sutono menambahkan, ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dirinya ingin tetap melakukan hal-hal yang positif. Salah satunya dengan menjaga populasi ikan di Sungai Prawu tersebut.

”Kalalu bukan kita, siapa lagi yang peduli. Kalau kita hanya mengandalkan yang lain, mereka belum tentu peduli,” imbuhnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: