Begini Kemeriahan HUT RI di Dusun Tertinggi di Kabupaten Magelang

BNews–KALIANGKRIK– Perayaan HUT RI ke 72 masih terus berlangsung di belahan Kabupaten Magelang. Kemarin, di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik pesta rakyat digelar sangat meriah.

Ribuan warga berkumpul di lapangan dusun dengan memakai pakaian unik kreasi masing-masing. Antusias luar biasa ditunjukkan warga yang tinggal di 1700 meter diatas permukaan laut itu.

“Ini adalah dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Lebih tinggi dari Gunung ANdong,” kata Lilik Setiyawan, Kadus Butuh.

Dalam pesta rakyat itu, hampir 3000 warga terlibat di dalamnya. Dari sembilan RT yang ada mereka menampilkan hiburan masing-masing.

Ada yang mengenakan kostum batik karnival, tentara perang, kesenian, juga ada yang membawa kostum unik yang belum pernah dijumpai. Setiap RT menampilkan kreasinya di depan tamu undangan.

Untuk menggelar kegiatan semeriah ini, warga gotong royong. Setiap KK iuran Rp 50 ribu untuk membuat pestanya sendiri.

Selain itu, setiap RT juga mengikuti lomba membuat tumpeng. Berbagai jenis tumpeng disajikan untuk kemudian dinilai oleh tamu kehormatan.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto yang hadir dalam kegiatan itu memberikan apresiasi. Menurutnya, semangat gotong royong di Dusun Butuh tidak perlu diragukan lagi.

“Saya rasa gotong royong di sini tidak perlu dipupuk lagi karena sudah membudaya,” jelasnya.

Dia berharap potensi alam dan pertanian yang luar biasa juga bisa dikenalkan ke masyarakat lebih luas. Supaya masyarakat kedepan semakin sejahtera.

Selain Ketua DPRD Saryan Adiyanto, hadir pula dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Penny Dyah Perwitosari, Endrianingsih Yunita dan beberapa tokoh masyarakat. Pagelaran budaya kemudian diakhiri dengan kirab keliling desa dengan rute menanjak dan turunan curam. Indahnya Sumbing. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: