Begini Semangat Gotong Royong Warga Muntilan Magelang Lawan Covid-19

BNews—MAGELANG— Sebanyak 57 warga dusun Gerangan, Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, terkonfirmasi Covid-19 pada Selasa (15/6/2021). Satgas setempat pun memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat secara ketat.

Kadus Gerangan, Suyatno mengatakan, ke-57 warganya tersebut tengah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. ”Untuk isolasi sendiri, selesai pada 19 Juni 2021. Hingga kini, 57 warga tersebut kondisinya baik-baik saja,” kata dia kepada BorobudurNews, Kamis (17/6/2021).

”Mereka tetap beraktivitas tapi disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkerumun dan tidak keluar dari wilayah dusun. Selain itu mereka juga melakukan kegiatan seperti berjemur pagi,” sambungnya.

Terkait logistik untuk warga yang menjalani isolasi mandiri, kata Suyatno, logistik berasal dari swadaya dusun-dusun di Desa Sriwedari. Logistik tersebut disalurkan ke posko bantuan Covid-19 kemudian dirinya yang mendistribusikan.

Distribusinya sendiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Lanjutnya, logistik diletakkan di depan rumah warga yang isolasi sehingga tidak ada kontak fisik ataupun tatap muka.

”Logistik berupa bahan-bahan mentah seperti beras, sayuran dan lain sebagainya, nanti warganya sendiri yang memasak. Logistik satu pintu, biar meminimalisir mobilitas orang yang terlalu banyak dan agar warga tidak keluar untuk belanja. Kodim juga memberikan bantuan sambako dan puskesmas memberikan vitamin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suyatno memaparkan bahwa dirinya bersama babinsa dan babinkamtibmas setempat terus memberikan semangat kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

”Saya, babinsa dan babinkamtibmas terus memberikan semangat kepada warga, terus menjaga mentalnya mereka agar tidak down. Yang penting itu mentalnya terjaga. Selain itu juga kami mengingatkan untuk terus mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin serta air putih,” papar dia.

Tambah Suyatno, dirinya meminta jangan ada diskriminasi terhadap warga Dusun Gerangan akibat adanya beberapa warga yang terkonfirmasi Covid-19.

”Warga dusun tersebut kesadarannya tinggi. Mereka patuh isolasi mandiri dan rajin memakai masker,” imbuhnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: