Begini Skema Pengungsian Merapi di Magelang Selama Pandemi

BNews–MUNGKID– Peningkatan aktivitas merapi menjadi level siaga tidak hanya BPBD Kabupaten Magelang saja yang sibuk segala persiapannya. Namun Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang juga bersiap karena saat ini masih Pandemi Covid-19 yang terus meningkat.

Kasi Survelian dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengibaratkan sebagai sebuah bencana di dalam bencana.

Menurut Dwi Susetyo, sisi baiknya Pemerintah Kabupaten Magelang sudah memiliki cukup pengalaman di tengah carut marut pada situasi bencana erupsi Merapi. Yakni mulai dari tahun 2006 dan pada tahun 2010 lalu.

“ Kendati demikan, ada yang berbeda dengan kondisi sebelumnya, dimana pada saat ini juga sedang terjadi bencana non alam yaitu Pandemi Covid-19,” katanya.

Dia juga mengaku telah menyiapkan skeman terkait dengan proses pengungsian warga di masa pandemi covid-19 ini. Dinkes akan menyiapkan ambulance sebagai dukungan pelayanan kesehatan khususnya bagi para pengungsi.

“Selain itu, pada sore hari kemarin (5/11) hingga malam kami juga sempat keliling untuk mengevaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di pengungsian. Alhamdulilah dibeberapa tempat, yang saya tahu yang sudah siap di Wisma Nugraha di Desa Banyurojo,” ungkapnya.

Diketahui di tempat pengungsian di Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Dwi menyebutkan terdapat 8 kamar mandi/WC yang dibangun, tempat logistik (dapur umum) yang memadai; gedung khusus yang telah dipersiapkan untuk kelompok rentan (ibu hamil/menyusui/lanjut usia), dan gedung pos kesehatan.

Loading...

Hal yang sama juga terjadi di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan. Dimana di tempat pengungsian tersebut juga sedang dibangun sekat-sekat pembatas untuk membatasi jarak antar keluarga/(KK).

“Daya tampung di Deyangan mencapai 150 orang lebih dengan 43 sekat,” katanya.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan nantinya juga akan mengelompokkan kelompok rentan untuk dilakukan tes kesehatan (rapit tes) seperti lansia dengan komorbit dan ibu hamil. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: