Begini Tips Masak Tempe Orek Yang Renyah Tahan Lama

BNews—NASIONAL—Berbagai olahan tempe begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari tempe goreng, kripik tempe bahkan tempe orek yang dapat menggugah selera makan.

Tak jarang, ada yang menyetok tempe orek sebagai tambahan yang selalu tersedia di rumah. Olahan tempe orek sendiri akan lebih enak kalau dimakan dalam keadaan renyah.

Dengan begitu, simak tips berikut untuk memasak tempe orek agar dapat bertahan lama dan renyah.

Iris tempe tipis-tipis

Iris tempe dengan tipis-tipis. Kemudian saat menggoreng, tempe harus terendam minyak seluruhnya agar hasilnya renyah.

Goreng dalam waktu yang lama dengan api kecil sampai tempe benar-benar kering.

Tunggu sampai gula kental

Loading...

Setelah digoreng kering, masukkan tempe kedalam larutan gula merah. Namun sebelum itu, pastikan saat membuat larutan gula merahnya harus kental baru masukkan tempe dan bahan lain.

Sementara untuk bumbu, harusnya berbentuk seperti rambut-rambut halus. Kalau masih belum terlihat, berarti bumbu harus dibiarkan mengental sedikit lagi.

Begitu bumbu sudah berambut, segera masukan tempe dan aduk cepat sehingga bumbu bisa melumuri tempe. Gula yang kental akan langsung mengering dan membuat tempe lebih tahan lama.

Matikan api terlebih dahulu

Dalam proses mencampur larutan gula dan tempe ini, dapat dilakukan juga dengan mematikan api terlebih dulu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dengan gula baru setelahnya api dapat dinyalakan kembali.

Gunakan sedikit air

Saat melarutkan gula merah, usahakan hanya menggunakan sedikit air, agar gula lebih cepat kental. Selain itu, gula akan lebih menempel pada tempe, kacang, dan teri sehingga renyahnya bisa tahan lama.

Simpan dengan cara yang benar

Segera setelah dingin, simpan kering tempe di wadah tertutup. Wadahnya harus benar-benar kedap udara supaya bisa tahan lama. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: