Belasan Santri Mudik ke Dukun Magelang, Begini Proses Screningnya

BNews–DUKUN– Belasan santri mudik ke wilayah Kecamatan Dukun di turunkan di MTS Aswaja Dukun siang ini (20/4/2020). Mereka lakukan pemeriksaan, pendataan dan mendapatkan pengarahan.

Koordinator Santri Kecamatan Dukun, Rifai mengatakan kali ini sebanyak 17 santri laki-laki dari Tegalrejo pulang ke daerah Kecamatan Dukun. “Rencana besok masih ada 27 Santriwati juga mudik ke Kecamatan Dukun,” katanya.

Bersama Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyeberan Covid-19 Desa Dukun dilakukan penyemprotan disinfektan dan pengukuran suhu tubuh. Kemudian santri didata dan dimasukan kedalam sebuah kelas.

Proses ini dalam pengamaman pihak Kepolisian Polsek Dukun dan TNI dari Koramil Dukun. Serta beberapa petugas Tim Gugus Tugas Desa Dukun.

“Alhamdulillah semua setelah di cek suhunya hasilnya normal. Namun untuk surat keterangan pemeriksaan tetap kami arahkan ke Posko Terminal Muntilan,” tandasnya.

NEWS: Sekdes Dukun saat pengukuran suhu tubuh santri (20/4/2020)-(Foto: bsn)
NEWS: Sekdes Dukun saat pengukuran suhu tubuh santri (20/4/2020)-(Foto: bsn)

Sementara salah satu Tokoh Agama setempat, Khudori memberikan pengarahan kepada seluruh santri di dalam kelas. “Saya himbau kepada seluruh santri, setelah sampai rumah jangan kemana-mana dulu. Isolasi mandiri selama 14 hari,” katanya.

Ia mengungkapkan juga jangan menyepelekan terkait wabah ini. “Kita lihat salah satu negara di luar sana, awalnya menyepelekan dan sekarang jumlah pasien akibat virus corona mencapai puluhan ribu,” ungkapnya.

“Kalian dirumah bisa belajar, mengaji, mengulang lagi pelajaran dari Pondok. Taati anjuran pemerintah, jangan lupa lapor ke Tim Gugus Tugas Desa masing-masing,” ujarnya.

Diwaktu bersamaan, Sekertaris Desa Dukun Yudo, mengungkapkan hal ini dilakukan sebagai upaya langkah pencegahan Tim Gugus Tugas Desa Dukun dalam menghentikan penyeberan virus corona. “Karena lokasi tempat titik kumpul di MTS Aswaja Dukun berada di Desa kami, maka kami juga harus terjun sesuai protokol,” tambahnya.

“Untuk 17 santri ini nanti kita arahkan ke Posko Gugus Tugas di Terminal Muntilan untuk meminta surat keterangan. Dan untuk yang besok 27 Santriwati kami minta mampir dulu ke posko tersebut,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: