Benarkah Jeruk Nipis Ampuh untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

BNews—KESEHATAN— Cara diet alami ada banyak jenisnya, salah satunya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Katanya, rutin mengonsumsi buah yang satu ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Karena itu, penggunaan jeruk nipis bisa menjadi salah satu pilihan cara diet alami. Namun, seberapa efektif sebenarnya penggunaan jeruk nipis untuk program diet?

Satu hal yang perlu diketahui, jeruk nipis adalah buah yang banyak mengandung vitamin C dan air. Dengan mengonsumsi satu buah jeruk nipis, setidaknya sudah bisa memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan asupan vitamin C harian.

Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain dalam jumlah kecil. Nutrisi yang terkandung di antaranya karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin E. Vitamin D, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium. Jeruk ini juga mengandung asam sirat yang merupakan zat alami pembuat rasa asam pada buah sitrus.

Ada yang menyebut bahwa kandungan asam sitrat bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak. Kandungan ini juga disebut bisa membantu membakar lemak di tubuh.

Karena itu, penggunaan jeruk nipis sebagai cara diet alami sering dilakukan. Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jeruk nipis sebagai cara diet alami.

Meski manfaat untuk diet masih belum bisa dipastikan, sebenarnya boleh saja untuk tetap mengonsumsi jeruk nipis. Sebab, kandungan nutrisi dalam buah ini bisa memberi beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Vitamin C dalam buah ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan flu, hingga merangsang produksi kolagen.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapat manfaat dari jeruk nipis:

  1. Dicampurkan dengan makanan sehat,
  2. Diperas dan dicampurkan dalam segelas teh,
  3. Infused water dari jeruk nipis,
  4. Perasan jeruk nipis dicampur air dan sedikit gula.

Pola Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, diet dilakukan untuk menurunkan berat badan sehingga menjadi lebih ideal. Karena itu, penting untuk mengetahui pola diet yang paling tepat sehingga manfaat serta efektivitasnya bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Salah satu kunci sukses diet adalah menyeimbangkan jumlah asupan makanan yang dikonsumsi dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, disarankan untuk semakin banyak melakukan aktivitas fisik.

Pasalnya, jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang keluar, ada risiko energi tidak terpakai dan tersimpan sebagai lemak. Hal inilah yang menjadi penyebab utama terjadi kenaikan berat badan.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan, disarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik, seperti berolahraga, perbanyak konsumsi protein, serta karbohidrat kompleks. Kesimpulannya, jeruk nipis sebagai cara diet alami masih belum terbukti. Namun, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi jenis buah yang satu ini. (*)

Sumber: halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: