Berbagi Dengan Anak Yatim, Yayasan Umi Kulsum Magelang Bangun Panti

BNews–MAGELANG– Berbuat sosial terhadap yang membutuhkan memang sangat dianjurkan oleh agama apapaun. Termasuk berbagi dengan anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

Hal ini tampak seperti yang dilakukan oleh Yayasan Umi Kulsum Magelang ini. Mereka merupakan salah satu sebuah yayasan sosial yang berada di wilayah Magelang. Dengan memilik cabang di Kabupaten Purworejo dan Temanggung.

Untuk yayasan Umi Kulsum Magelang sendiri saat ini masih menempati sebuah kantor sementara di bekas rumah makan padang di daerah Pabelan Mungkid. Mereka diketahui siap membangun relasi dengan siapapun untuk berbuat sosial kepada yang membutuhkan.

Kali ini dalam rangkat hari ibu, Yayasan Umi Kulsum Magelang mengumpulkan 31 anak yatim di Desa Tersangede Kecamatan Salam. Mereka diberikan bingkisan alat tulis dan uang saku oleh para donatur melalui yayasan tersebut.

Dengan tema acara Peranan Ibu Dalam Mencetak Karakter Anak Bangsa Di Masa Pandemi ini mereka turut mengundang Ketua Tim Penggerakan PKK Desa Tersangede, Ketua Muslimat NU Salam; dan Koordinator anak yatim Desa Tersangede.

Tim Penggerak PKK Desa Tersangede, Sri Sumarni mengatakan bahwa yayasan Umi Kulsum juga akan membantu Panti Asuhan Yatim Piatu di Dusun Tumbreb Desa Tersangede. “Semoga kedepan lokasi yang masih dalam proses pembangunan ini mampu memberikan ilmu agam, pendidikan dan lapangan kerja bagi anak yatim,” katanya.

Ia juga meminta untuk menginformasikan kepada seluruh warga, khususnya di Salam bilamana ingin membantu memberikan donasi pembangunan lokasi tersebut. “Hal ini tidak mudah namu tidak mustahil bisa terwujud. Oleh karena itu membutuhkan dukungan dari semua pihak,” tandasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hadir dalam kesempat tersebut, Ketua Muslimat NU Kecamatan Salam Fasilatul Laila yang mana dihari ini memang salah satu momet menunjukan kasih sayang kepada anak yatim. “Jika kita selalui mengasihi dan menyanyangi anak yatim, InsyaAllah esok kelak akan jadi umat Rosulullah di hari akhir,” imbuhnya.

Dia juga berharap, kedepan Yayasan Umi Kulsum dapat bersinergi dengan muslimat NU Kecamatan Salam. “Hal ini demi memabtu anak-anak yatim. Dan hal itu sangat dianjurkan dalam agama islam,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Umi Kulsum, Solikhin yang diwakili Sekertarisnya Rudi Prayitno memaparkan bahwa pihaknya hingga saat ini memiliki 81 anak binaan. Dimana terbanyak di Desa Tersangede sebanyak 31 anak, sisanya di Kecamatan Ngluwar, Mungkid dan Sambung Jetis.

“Alhamdulillah dalam moment hari ibu yang sebenarnya pada tanggal 22 Desember lalu, namun baru hari ini bisa terlaksana. Selain memberikan santunan kepada 31 anak yatim di Tersangede, kami juga ingin menyampaikan proges pembangunan lokasi ini,” paparnya.

Dia menjelaskan sejauh ini pihaknya baru proges membangun sebuah aula yang ditargetkan selesai dua bulan lagi. Dan untuk pendanaan aula ini dikatakannya sudah tercukupi.

“Saya juga ceritakan untuk pengadaan tanah ini sendiri awalnya penuh berjuangan. Kita adakah lelang tanah waqah kepada sanak saudara. Dan akhirnya mendapat tanah 945 meter2 ini Dusun Tumbrep Desa Tersangede ini,” ujarnya.

Dan kedepan, katanya Bulan Maret 2021 rencana akan dibangun sarana prasaran pembelajaran lain. Dimana nantinya akan menjadi Gedung Pendidikan dan Pembelajaran Interpener anak.

“Rencana juga akan bangun mess atau asram untuk anak-anak yatim yang berkenan menetap disini. Dan rencana anggaran sekitar Rp 1,3 miliar, dan hingga saat ini masih 0 rupiah,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihak sangat berharap dukungan dan iuran donasi dari siapapun yang peduli. “Semua ini demi anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Kami hanya membantu mewadahi dalam sebuah yayasan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: