Bersiaplah, Tol Bawen Jogja Sudah Disepakati Dibangun

BNews—SLEMAN—Akan ada tiga ruas jalan tol dibangun di Yogyakarta. Hal ini disampaikan Sekda DIY, Gator Saptadi kepada para awak media kemarin.

Masing-masing jalan tol tersebut yakni Yogya-Solo, Yogya-Bawen dan Yogya-Cilacap. “Dari tiga proyek jalan tol tersebut, baru tol Yogya-Bawen saja yang sudah ada kesepakatan. Sementara untuk tol Yogya-Cilacap juga belum ada kepastian,” katanya.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Sementara dijelaskan untuk Jalan Tol Yogya-Solo belum ada kepastian kapan dimulai pembangunannya. “Jalan Tol Yogya-Solo ini juga belum ada kesepakatan ruas tol di perbatasan Jawa Tengah-DIY yang akan dilewati,” jelasnya.


Selain kawasan tersebut banyak terdapat situs-situs bersejarah. Pemerintah DIY sendiri enggan jika jalan tol tersebut nantinya akan menabrak situs bersejarah tersebut.

“Bagaimanapun itu kan bagian dari sejarah. Harus dilestarikan,” tuturnya.

Sebenarnya ada alternatif yang diajukan oleh Pemerintah DIY sebagai solusi dari permasalahan tersebut. “Pemerintah DIY mengusulkan agar jalan tol Yogya-Solo bisa tersambung dengan yang ke arah Bawen dan Bawen juga tersambung dengan Manisrenggo,” terangnya.

Terkait Jalan Tol Bawen-Yogya, Gatot masih enggan menyampaikan kapan dimulainya proses pembangunan meskipun sudah disetujui. “Proyek Jalan tol adalah kewenangan dari pemerintah pusat, sehingga kapan dimulai juga tergantung pada pemerintah pusat,” ungkapnya.

Gatot menambangkan tol sepanjang 71 kilometer tersebut sebagian akan dibangun melayang dan sebagian lagi seperti jalan tol pada umumnya. “Tol yang dibangun melayang adalah tol yang masuk ke wilayah DIY, hal ini akan meminimalisir dampak terhadap penduduk di DIY,” pungkasnya. (Internet/Bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: