Blusukan, Wawali Magelang Masih Temukan Warganya BAB Sembarangan

BNews—MAGELANG— Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, pagi tadi (19/1), blusukan ke Kampung Bogeman, Magelang Tengah, Kota Magelang. Disela blusukan tersebut, ia masih mendapati warganya Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Orang nomor dua di Kota Magelang itu, setiap Minggu pagi selalu mengawali aktifitas dengan olahraga. Kali ini, ia melakukan senam bersama warga Kampung Bogeman Wetan.

Usai melakukan senam, Windari secara spontan melakukan inspeksi pendadak (sidak) di lingkungan tersebut. Mulai blusukan ke sentra perikanan dan bibit tanaman pohon.

Salah satu warga RW 8, Sumedi menjelaskan bila kampungnya belum lama ini diganjar Juara II untuk Kampung Habibat Tingkat Pemprov Jateng. Pria 61 tahun itu lantas memohon pada Windarti agar lebih memperhatikan pembangunan di tempat tinggalnya.

”Kami minta tolong agar pembangunan di Kampung Habitat ini bisa dipercepat sesuai dengan RAB yang sudah ada,” pinta dia. Aspirasi Sumedi ditampung. Akan diupayakan sesegera mungkin.

Windarti kemudian melempar pertanyaan kepada beberapa warga tentang masih adakah warganya yang masih BAB sembarangan di sungai. Pertanyaan tersebut ia sampaikan dengan hati-hati karena khawatir menyinggung perasaan.

”Masih, Bu. Ada satu atau dua orang yang saat ini masih BAB di sungai,” jawab Ketua RW 08.

Loading...

Temuan masih adanya warga yang BAB sembarangan direspons. Windarti menghimbau masyarakat agar mencintai kesehatan dengan cara BAB di WC yang sudah ada.

”Keluhannya apa, kok, masih BAB di sungai. Di catat. Nanti laporkan dan kita cari solusi. Kita optimis RW 8 bebas BAB dan bebas ODF,” jelasnya.

Adanya temuan tersebut secara tidak langsung berdampak pada Kampung Habibat yang sudah meraih juara. Dengan sanitasi yang baik, maka kampung tersebut akan benar-benar tertata rapi. Kota Magelang diharapkan sudah tidak ditemukan kampung kumuh lagi.

”Saya dukung Kampung Habitat RW 08 ini. Namun hal sekecil apapun juga harus diperhatikan. Agar Kampung Habitat ini benar-benar indah dan bagus ke depannya,” pesan dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: