Borobudur Marathon 2022 Bakal Diikuti Ribuan Pelari

BNews—MAGELANG— Ajang Borobudur Marathon 2022 bakal digelar pada 12–13 November 2022 di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang. Ribuan pelari akan mengikuti lomba lari jarak jauh ini.

Borobudur Marathon adalah ajang kompetisi lari yang diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon dan didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Panitia Penyelenggara, Budhi Sarwiadi mengungkapkan bahwa event Borobudur Marathon akan dibagi tiga yakni Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent pada Sabtu (12/11). Kemudian Bank Jateng Tilik Candi yang digelar Minggu (13/11).

”Borobudur Marathon sampai saat ini sudah 98 persen (dari segi persiapan),” ungkapnya kepada wartawan di Grand Artos Magelang, Jumat (11/11/2022) sore.

Dia menyebut, Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer akan diikuti 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri. Kemudian Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer, diikuti 30 pelari muda.

”Semuanya sudah berkumpul, karantina. Sudah melakukan cek kesehatan, tes usap. Alhamdulillah semuanya oke. Tinggal untuk mengikuti lomba besok (12 November 2022). Sore ini, para atlet dan pelari talent melakukan cek rute,” ujarnya.

Sementara itu, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini. Garis start dan finish kompetisi lari Borobudur Marathon 2022 di Taman Lumbini.

Gerakkan ekonomi

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini akan mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya. Seperti spirit awal digagasnya Borobudur Marathon.

Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya.

“Penyelenggaraan Borobudur Marathon ini menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya. Karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dalam rilis yang diterima Borobudurnews, Jumat (11/11/2022)

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain, yang akan menambah pendapatan bisnis mereka. Pada gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan pula perekonomian. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!