BPPTKG: Awan Panas Meluncur ke Hulu Kali Krasak Pagi Hari Ini

BNews—MAGELANG—Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir menunjukkan peningkatan. BPPTKG mencatat telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pada Kamis (7/1/2021) pukul 08.02 WIB.

Data tersebut diunggah BPPTKG melalui akun twitter resmi @BPPTKG. Dalam unggahannya, disebutkan bahwa awan panas tercatat seismogram dengan amplitudo maksimal 28 milimeter dan durasi 154 detik.

”Cuaca berawan di sekitar Merapi, terlihat awan panas meluncur ke hulu Kali Krasak,” tulisan dalam unggahan tersebut.  

Sementara itu, pada periode pengamatan Kamis (7/1/2021) antara pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak sembilan kali. Dengan jarak luncur maksimum 500 meter arah kali Krasak.

Kemudian cuaca berawan dan mendung.  Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Secara visual gunung terlihat jelas, kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.

Pada periode pengamatan yang sama juga teramati asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100 m di atas puncak kawah. Terkait kegempaan, terjadi guguran sebanyak 21 kali, hembusan 26 kali, hybrid/fase banyak 70 kali, vulkanik dangkal 13 kali dan tektonik jauh 2 kali. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: