IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Calon Independen di Pilwalkot Magelang 2020 Belum Muncul

BNews—MAGELANG— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang siap membuka pendaftaran calon Kepala Daerah dari jalur independen mulai tanggal 19 sampai 23 Februari 2020. Hingga menjelang pembukaan, pihaknya membuka ruang konsultasi bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota non-partai.

Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada satu pasangan pun yang datang ke KPU. Padahal, pasangan calon yang berminat maju dari jalur independen diharuskan berkonsultasi sebelum melakukan pendaftaran.

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto melalui Divisi Teknis Penyelenggara Sukorini Saddewi menjelaskan, paslon independen harus mempunyai akun dan password Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Silon tersebut merupakan sistem untuk mempermudah KPU dalam mengecek data milik calon independen dengan data secara manual yang nantinya akan diserahkan calon pada saat masa pendaftaran.

”Sampai hari ini belum ada paslon yang datang atau berkonsultasi kepada kami, maupun mengambil akun dan password Silon,” ungkap Sukorini kepada Borobudur News,” Rabu (12/2).

Disinggung syarat pendaftaran jalur independen, paslon harus mampu mengumpulkan dukungan masyarakat dengan bukti penyerahan foto kopi KTP. Jumlahnya minimal sepuluh persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Magelang. Sesuai dengan Surat Keputusan KPU Kota Magelang pada tanggal 26 Oktober 2019 dengan nomor 66/PL.02.2-Kpt/3371/Kota/X/2019.

”Tercatat DPT di Kota Magelang ada 91.331 sehingga (dukungan) minimal ada 9.134,” papar Sukorini.

Selain itu, dukungan juga harus berasal dari sekurang-kurangnya dari dua kecamatan yang ada di Kota Magelang. Nantinya, jumlah dukungan harus diinput dulu ke Silon dan print out-nya diserahakan kepada KPU pada saat pendaftaran.

Loading...

”Setelah penyerahan (formulir pendaftaran) akan dilakukan verifikasi sampai tanggal 24 April 2020,” pungkas dia. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: