Candi Borobudur Targetkan Wisatawan Naik 2 Kali Lipat

BNews—JOGJAKARTA— PT Taman Wisata Candi (TWC) berencana akan menambah kapasitas maksimal Candi Borobudur dan Prambanan pertengahan Juli ini. Penambahan ditargetkan diangka 3 ribu kunjungan wisatawan perhari atau naik dua kali lipat dari jumlah semula 1.500 orang.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono menuturkan bila Candi Borobudur dan Prambanan memiliki kuota cukup besar. Candi Borobudur tercatat mampu menampung 11 ribu wisatawan.

Sementara ini berdasarkan protokol kesehatan, batas kunjungan maksimal 50 persen. Artinya, kapasitas maksimal dalam masa adaptasi baru mencapai kisaran 5.500 wisatawan.

”Kuota yang terpenuhi saat ini adalah 1.500 wisatawan. Angka tersebut masih kurang. Tetapi embatasan itu dilakukan sebagai upaya uji coba operasional adaptasi baru,” tutur Edy di Kompleks Kepatihan, Senin (13/7).

Edy menerangkan, ujicoba operasional Candi Borobudur sudah dilakukan sejak 25 Juni. Disusul Candi Prambanan pada 1 Juli.

”Karena masih dalam tahap uji coba operasional, di kedua destinasi wisata tersebut ada pembatasan kuota masing-masing 1500 pengunjung untuk setiap harinya,” terang dia.

Sepanjang ujicoba, evaluasi terus dilakukan dalam rentang waktu dua pekan. Jika hasilnya optimal, maka kuota wisatawan akan terus ditambah. Pihaknya merencanakan penambahan 3 ribu pengunjung pada pertengahan bulan Juli.

”Tentunya penambahan kuota tersebut tetap melalui konsultasi,” ungkapnya.

Pihaknya tidak ingin gegabah dalam menentukan kebijakan. Tindakan itu dilakukan agar tidak ada penambahan kasus atau klaster baru dari dunia wisata.

”Meski animo masyarakat untuk datang ke Candi Prambanan dan Borobudur cukup tinggi. Tapi penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin menjadi suatu keharusan,” tegas Edy.

”Oleh karena itu begitu kuotanya terpenuhi, loket penjualan tiket langsung kami tutup,” ungkapnya,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: