Penjual Angkringan Sukses Melenggang ke Kursi DPRD Magelang

BNews—BANDONGAN—Edy Gunawan Yakti, terlihat masih sangat biasa. Dengan ramah, dia meladeni setiap pesanan di warung nasi kucing miliknya di Jalan Bandongan Kaliangkrik tepatnya di Dusun Krajan Desa Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.

“Ngunjuk nopo mas (Minum apa mas),” katanya menyambut kedatangan borobudurnews di warungnya.

Ya, seperti penjual angkringan pada umumnya. Dia melayani setiap pesanan pembeli. Bikin minum, bakar sate, juga mencuci gelas.

Padahal, kini Edy sudah berbeda. Dia dinyatakan terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Magelang periode 2019-2024. Sebentar lagi dia bakal menjabat sebagai wakil rakyat perwakilan dari PDI Perjuangan.

Namun, tak ada yang berubah dari Edy. Dia mengaku akan tetap menjadi Edy yang seperti. “Ya sama saja. Saya tetap seperti ini,” tutur pria kelahiran 14 April 1975 ini.

Edy juga mengatakan bakal tetap berjualan angkringan seperti yang dia ritintis sejak empat tahun silam. “Dulu saya sembari jual angkringan juga sebagai penyiar radio,” tutur Edy.

Belakangan, dia keluar dari aktivitasnya sebagai penyiar radio setelah memutuskan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif PDI Perjuangan dari Dapil IV meliputi wilayah Bandongan, Kaliangkrik, Windusari.

Ayah dua anak ini mengaku mendapat dorongan dari teman-temannya untuk maju ke pemilihan legilslatif. Awalnya dia bergeming karena tidak memiliki modal secara finansial.

“Modal saya cuman teman yang banyak. Saudara,” tuturnya. “Kalau uang jelas saya tidak punya,” aku suami dari Herdit Prastanti ini.

Setelah memutuskan mencalonkan diri, Edy mengaku langsung bergerak terjun langsung ke lapangan. Dia punya strategi khsusu yakni menyasar kaum ibu-ibu di wilayahnya.

“Mayoritas pemilih saya adalah ibu-ibu. Karena jalur sosalisasi saya lewat pengajian, selapanan, posyandu dan yasinan ibu-ibu,” papar Edy.

Edy juga mengaku tidak pernah mengumpulkan orang. “Saya yang datang ke setiap ada perkumpulan. Gak pernah ngumpulin uang karena tidak punya modal,” jelasnya.

Tidak hanya itu, berbekal pengalaman di dunia broadcasting, Edy juga menyasar kaum pemilih pemula melalui berbagai video kreatif yang dia bikin. “Ya bikin video-video pendek aktifitas desa saya sebar lewat facebook dan WA,” kata ayah dari Suara Laras Ati dan Puan Pinandito ini.

Kini, perjuangannya membuahkan hasil. Dia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Magelang dengan raihan suara by name 4419. “Ini amanat dan titipan dari Allah,” tutur dia. Edy belum bisa membayangkan nantinya akan sepetti apa di DPRD. Main ke kantor DPRD saja belum pernah. Namun, dia mengaku akan banyak belajar dan mendengar. (bn1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: