IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Capai 307 Kasus, Ini Kluster Covid-19 di Magelang

BNews—MUNGKID— Kasus covid-19 di Kabupaten Magelang secara kumulatif hingga 10 September 2020 mencapai 307 terkonfrimasi positif. Dengan rincian masih dirawat 53, sembuh 245 dan meninggal dunia 9 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti mengatakan bahwa total pasien positif covid-19 tersebut berasal dari beberapa kluster berbeda.

“Terdapat dua kluster terbesar penyumbang pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang. Yakni Kluster perjalanan luar kota dan kluster gowa,” katanya saat konferensi pers di rumah dinas Bupati Magelang, senin kemarin (9/9/2020).

Lebih lanjut Retno menjelaskan untuk kluster pasar tidak begitu banyak ditemukan yang terkonfirmasi positif. “ Hasil rapid test dan SWAB yang kita lakukan untuk pasar tidak banyak jumlah kasus reaktif ditemukan,” imbuhnya,

Retno juga mengakui bahwa terdapat kluster pondok pesantren peyumbang pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang. Tercatat pada 26 Agustus 2020 terdapat 16 santri dari salah satu Pondok Pesantren dinyatakan positif covid-19.

“Untuk kluster tersebut sudah ditindak lanjuti dengan mengisolasi mandiri sehingga sudah aman. Tentunya dengan adanya Satgas Covid-19 khusus di Pondok Pesantren,” ujarnya.

Dan diketahui bersama, untuk Kluster Pondok Pesantren ini sudah dinyatakan sembuh pada 2 September 2020 lalu.

Loading...

“Kluster pondok kemarin ada, namun sudah selesai. Jumlahnya 16, tapi  yang terkonfirmasi sudah isolasi mandiri sehingga sudah sembuh,” jelasnya.

Retno juga mengungkapkan bahwa kasus terkonfirmasi di ponpes tersebut diduga berasal dari internal. “Kita tahu bahwa virus itu adalah pembawaan, jadi tentunya ada yang terkonfirmasi dan menularkan ke yang lain,” pungkasnya. (magang/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: