Catat!!! Ini 5 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Sederhana

BNews—TIPS— Sariawan merupakan salah satu gangguan mulut yang pernah dialami sebagian orang. Sariawan sendiri adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut.

Sariawan dapat mengakibatkan rasa nyeri pada pipi, gusi, bagian dalam bibir atau lidah. Tentunya hal ini dapat mengganggu aktivitas saat kamu mengalaminya.

Oleh karenanya, kamu bisa mengatasi sariawan dengan beberapa cara. Berikut rangkuman beberapa cara menyembuhkan sariawan yang dihimpun dari Liputan6.com:

Daun sirih

Cara mengobati sariawan yang pertama adalah menggunakan daun sirih. Berbagai manfaat daun sirih yang sering kali dijadikan tanaman dalam pengobatan tradisional ini adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Tanaman yang biasanya dikonsumsi dengan cara dikunyah ini memang sangat baik untuk kesehatan, terutama sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Madu

Menggunakan madu adalah salah satu cara mengobati sariawan yang cukup manjur. Bahkan madu merupakan dapat mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, madu juga dapat mempertahankan kelembapan bibir. Cara menggunakan madu sangat mudah, kamu cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh

Es batu

Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Cara mengobati sariawan dengan selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan.

Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

Lidah buaya

Cara mengobati sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya mudah, cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Air garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih lainnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut. Jadi bumbu dapur ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur. Lalu bilas dengan minum air putih. Lakukan pengobatan ini sampai sariawan terlihat mengempis. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: