Catat….Posko Covid Tingkat Desa di Magelang Wajib Tanyakan Surat Screening Pemudik

BNews–MUNGKID– Posko pemantauan Covid-19 tingkat desa harus aktif lakukan penyaringan pemudik. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Imam Basori kemarin (13/4/2020).

“Meskipun mudik atau pulang kampung dilarang oleh pemerintah, hal tersebut dilakukan untuk menekan potensi penyebaran virus Covid 19,” katanya.

Sedangkan, menurut Iman bahwa bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang harus difokuskan. “Hal ini karena pemudik yang menggunakan kendaraan umum sudah dilakukan screaning di beberapa Posko  di Terminal Salaman, Muntilan dan Secang. Karena mereka wajib discreening, setelah diwajibkan masuk dan menurunkan penumpang di terminal untuk diperiksa di pos pantau,” paparnya.

Jika sudah dilakukan screening di Posko, lanjutnya pemudik ini akan mendapatkan surat keterangan. “Kemudian surat tersebut dibawa pulang ke desa masing-masing untuk melapor,” imbuhnya.

Imam mengungkapkan, bahwa seharusnya untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, juga wajib diperiksa di Pos Pantau Terminal, dan harus mendapatkan surat pemeriksaan. “Oleh sebab itu Petugas pos pantau di desa wajib menanyakan surat keterangan dari pemudik. Dimana pemudik telah diperiksa di Pos Pantau Terminal, termasuk bila pemudik tersebut menggunakan kendaraan pribadi,” ungkapnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sementara, Sekretaris Desa Kalinegoro, Arya Putra Ghari, mengatakan, ada beberapa pemudik yang melampirkan saat surat keterangan. Tapi banyak yang tidak, dimungkinkan karena memakai kendaraan pribadi jadi tidak melewati terminal.

“Posko di RT/RW sebagai tempat laporan awal tentang kedatangan warga, kemudian diteruskan ke posko induk (desa). Laporan tersebut dilanjutkan ke Kecamatan dan Kabupaten,” tambahnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: