Daftar Kerusakan Sementara Akibat Gempa M5,3 Yang Terasa Hingga Magelang

BNews—JOGJAKARTA— Gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang Gunungkidul Jogjakarta pukul 05.15WIB. Getaran dilaporkan juga dirasakan warga Magelang di Jawa Tengah.

Data sementara, satu rumah warga di padukuhan Sumur, Kelurahan Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul rusak akibat gempa ini. 

Lurah Giripurwo Supriyadi mengatakan, rumah yang mangalami kerusakan diketahui milik Sujiyo, warga padukuhan Sumur. Saat kejadian keluarga korban sudah terbangun dan berlarian saat suara geataran gempa kuat dirasakan.

”Tidak ada korban. Atap plafon rumah runtuh dan menimpa laptop,” katanya Supriyadi, Senin (28/6).

Saat ini, pihaknya sedang menghubungi para dukuh untuk mendengar laporan masing-masing wilayah setelah gempa terjadi. ”Kita masih cek masing-masing padukuhan, Mas,” terangnya. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, terus melakukan pemantauan. Utamanya di Kapanewon wilayah selatan dan barat di Gunungkidul. Hal ini untuk memastikan kerusakan akibat gempa yang terjadi.

”Kita koordinasi dengan tim reaksi cepat dan Forum Pengurangan Risiko Bencana. Laporan yang masuk baru satu rumah di Purwosari yang atapnya ambrol,” terangnya.

Ketika disinggung kecamatan yang rawan mengalami kerusakan akibat gempa, Edy menyebut tiga kapanewon. Diantaranya Kapanewon Saptosari, Panggang dan Purwosari.

”Kita terus pantau perkembangan kerusakan di lapangan,” ujar dia.

Diketahui, Gempa yang terjadi di Gunungkidul pada pukul 05.15WIB juga dirasakan sejumlah warga di Magelang. ”Ada lindu,” kata Santoso kepada Borobudur News.

Menurutnya gempa dirasakannya di Borobudur Magelang. Tak hanya itu, Tri Susanti warga Mertoyudan juga meraskan hal serupa. Gempa dirasakannya tak lama.

”Cuman sebentar,” imbuh dia. (han)

1 Comment
  1. Rama Yoga says

    Di Wonosobo juga terasa min

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: