Daftar Rumah Sakit yang Rawat Pasien Covid-19 asal Kabupaten Magelang

BNews—MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang terus mendata dan melakukan pengamatan perkembangan Covid-19 di wilayahnya. Termasuk memantau perkembangan kesehatan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di luar kota.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan saat ini ada 26 pdp yang masih dirawat di rumah sakit. Mayoritas dirawat di luar Kabupaten Magelang.

Dari keseluruhan data tersebut, 26 PDP tersebar di lima rumah sakit. Diantaranya sepuluh orang di RSUD Tidar Magelang, delapan orang di SRT dr Soedjono, empat orang di RSUD Muntilan.

Kemudian tiga orang di RSJ dr Soerojo dan satu ruang dirawat di RS dr Oen Solo Baru. Selain itu ada juga dua pasien covid-19 yang dalam kondisi tanpa gejala yang mengisolasi diri di rumah.

Mensikapi hal tersebut, beberapa langkah yang diambil Pemkab Magelang bersama gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang antara lain penyiapan anggaran untuk penanganan Rp44,7 miliar.

Kemudian peningkatan kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien covid-19, ODP dan PDP dengan menyiapkan 141 tempat tidur. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan pasien.

”RSUD Muntilan sebanyak 26 tempat tidur, RS Merah Putih 88, RS Candi Umbul Grabag lima, RS Menoreh Salaman enam, RS Syubbanul Wathon sepuluh dan RS ’Aisyiyah Muntilan enam tempat tidur,” ungkap dia.

Selain itu juga menyiapkan pelaksanaan Program Jaring Pengaman Sosial sebagai penanganan dampak wabah covid-19. Kemudian percepatan Dana Desa agar pencegahan dan penangan pandemi corona didesa dapat dilaksanakan lebih efektif. (han/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: