WOW !! Ada Aneka Olahan Bunga Rosella Bercita Rasa Tinggi Di Borobudur, Wajib Dicoba

BNews–MAGELANG-– Kondisi pandemi yang menerjang Indonesia tahun lalu memang sangat berdampak besar bagi masyarakat. Banyak orang yang tidak mendapat pekerjaan atau putus dari pekerjaannya.

Karena kondisi tersebut, tuntutan untuk kreatif agar dapur bisa tetap ngebul dialami oleh sebagian orang. Salahsatunya pasangan suami istri di Borobudur Kabupaten Magelang.

Mereka adalah Doni Erlangga, 42 dan Wahyuningsih, 42 yang akrab disapa Yuyun. Mereka berdua harus kembali pulang dari Jakarta ke tanah kelahiran Doni di Majaksengi Kecamatan Borobudur Magelang.

Untuk menyambung kehidupan, mereka berdua berinisiatif  membuka lokasi wisata edukasi Kopi dan Teh Rossela. Kreatifnya lagi, belasan jenis minuman ataupun kuliner berbaukan rossela dibuat pasangan tersebut.

Sebelumnya perlu diketahui, Rossela atua banyak dikenal bernama asam kumbang, asam susur, asam paya adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah, Namun kini bisa diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas.

Yuyun saat ditemui Borobudurnews.com di tempat usahanya mengatakan usahanya tersebut baru dibuka sejak Bulan Ramadhan 2022 lalu. “Sebelumnya kami tinggal di Jakarta. Suami saya Mas Doni bekerja sebagai konsultan proyek, tetapi karena pandemi pekerjaan jadi sepi. Sehingga kami pulang kampung untuk membuka usaha,” katanya (4/7/2022).

Ia mengaku, saat di Jakarta memiliki hobi bertanam tanaman herbal yang menyehatkan. “Atas dasar itu dan berbagai pertimbangan, kami mencoba budidaya tanaman Rossela. Karena sebelumnya ingin membangun homestay, baru jadi satu. Jadi lahan kita tanami rossela untuk usaha,” aku ibu beranak satu ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Teh Rossela yang banyak dikenal masyarakat mereka kemas menjadi dua jenis, yakni biasa dan premiun. Selain itu, biji bunga Rossela mereka juga manfaatkan menjadi sebuah serbuk yang disangrai menjadi seperti kopi.

“Mau kita sebut minuman serbuk rossela kan susah, jadi kita sebuh ini Kopi Rossela. Dan saya yakin produk ini jarang ada di tempat lain,” kata Yuyun didampingi Doni.

Doni yang ikut menjelaskan, bahwa tanaman rossela di lokasinya terdapat dua jenis yakni rossela merah dan ungu. “Kalau merah itu terkesan lebih asam. Dan waktu tanam kita selama 3-4 bulan sampai panen. Setiap setelah panen tanaman akan kita ganti yang baru agar hasilnya maksimal dan besar-besar bunga Rosselanya,” timbrungnya.

Yuyun juga menyampaikan bahwa dirinya memiliki 15 an lebih varian olahan berbahan rossela. “Selain teh dari kelopak rossela dan kopi dari biji rossela, saya juga buat manisan kelopak rossela. Ada juga sirup, jelly rossela, pudding rossela, teh celup rossela, roti bakar rossela, singong goreng rossela; pisang goreng rossela. Dan aneka minuman baik hangat ataupun dingin,” paparnya.

Di lokasi bernama Kopi dan Teh Rossela Borobudur juga disedikan banyak bungkus kemasan rossela. Baik mulai dari kelopak rossela kering untuk teh, kopi rossela, sirup rossela dan lainnya.

Kopi Teh Rossela Borobudur saat membersihkan bunga

“Harganya cukup standar, mulai Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu. Dikonsumsi on the spot atau lokasi juga bisa sambil ngobrol dan menikmati pemandangan perbukitan menoreh,” ujarnya.

Doni menambahkan, bahwa manfaat olahan rossela ini cukup banyak dan baik untuk tubuh manusia. “Mulai sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas pada tubuh manusia; lalu meningkatkan imun tubuh, mencegah risiko obestias dan membantu program diet, meremajakan kulit; mencegah darah tinggi,dan mencegah penyakit jantung,” terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini banyak wisatan lokal, luar daerah sampai asing mampir untuk menikmati olahan rossela. “Biasanya wisatawan minat khusus yang datang. Karena lokasi kami memang kurang lebih 2 km dari pusat Candi Borobudur, jadi memang khusus ke lokasi kami,” tegasnya.

Untuk lokasi lengkapnya di daerah Krajan I, RT2/RW1, Kiyudan, Majaksingi, Kecamatan  Borobudur, Kabupaten Magelang. Jalan ke arah Aman Jiwo Hotel dari Candi Borobudur, pinggir jalan persis. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: