Daftar Tanaman Hias Keluarga Talas Yang Sedang Banyak Dicari

BNews–NASIONAL-– Akhir akhir ini masyarakat Indonesia mulai banyak yang hobi merawat tanama hias. Dan tanaman dari keluarga talas belakangan tengah populer menjadi tanaman hias.

Mulai dari Monstera atau janda bolong, Aglonema, serta yang terbaru Caladium atau keladi.

Tanaman keluarga talas memiliki nama ilmiah Araceae. Kelompok tanaman ini merupakan tumbuhan monokotil dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol yang dikenal dengan spatha.

Famili Araceae memiliki 114 genus dengan sekitar 3750 spesies termasuk bunga majemuk tunggal terbesar di dunia yakni bunga bangkai raksasa.

Tanaman keluarga talas ini juga memiliki sejumlah kegunaan. Jenis Alocasia, Colocasia, dan Amorphophallus dapat dimakan umbinya. Sebagian lain menjadi tanaman hias karena keindahannya dan lainnya menjadi gulma.

Berikut 5 jenis tanaman dari keluarga talas yang populer menjadi tanaman hias.
1. Monstera
Loading...
BNews--MUNGKID-- Status aktivias merapi saat ini berada di level III atau Siaga sejak ditetapkan BPPTKG tanggal 5 November 2020 lalu. Ratusan warga dari lereng merapi di wilayah Kabupaten Magelang sudah dievakuasi ke barak pengungsian.   Mengetahui hal tersebut, Polres Magelang mengerahkan personilnya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan warga pengungsi yang berasal dari Kecamatan Dukun. Para pengungsi ini tersebar di beberapa titik di wilayah Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Muntilan.   Polwan Polres Magelang sebanyak 6 personil bersama BPBD Kabupaten Magelang serta Relawan melakukan kegiatan dapur umum. Mereka selalu menyiapkan 200 bungkus di tempat pengungsian Balai Desa Deyangan Mertoyudan.   “Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap warga pengungsi merapi,” ungkap  Kapolres Ronald saat memberikan arahan kepada Senior Polwan Polres Magelang.   Sebanyak 24 personil Polwan Polres Magelang telah ditugaskan dalam Satgas Bantuan yang khusus mengemban tugas di dapur umum balai desa Deyangan Kec. Mertoyudan Kab. Magelang.   "Saya minta Polwan berikan pelayanan kepada warga pengungsi dengan hati nurani yang tulus supaya dapat mengurangi benam warga pengungsi" imbuhnya.   Ia juga menambahkan, bahwa hadirnya Personil Polres Magelang dalam penanganan pengungsi diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman. “Semoga bisa sedikit membantu teman-teman relawan di lapangan untuk membantu para pengungsi,” tandasnya.   Sementara Senior Polwan Polres Magelang AKP Budi Suwarni, yang menjabat Kabagsumda Polres Magelang menyampaikan bahwa Polwan siap menjalankan perintah dari atasan. Tentunya dalam penugasan di dapur umum akan selalu mengedepankan sikap empati dan humanis.   “Banyak warga pengungsi yang usianya diatas 50 tahun, maka Polwan perlu memberikan edukasi dan sosialisasi perilaku hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan. Tentunya hal  ini guna mencegah penyebaran Covid 19 di lingkungan pengungsian,”tambahnya. (bsn)

Monstera merupakan tanaman hias keluarga talas yang viral karena keunikan bentuk daunnya. Sebagian daun Monstera dapat bolong-bolong seperti Monstera adansonii yang juga dikenal dengan janda bolong.

Adapula Monstera variegata dengan percampuran warna hijau dan putih serta bentuk daun yang tidak beraturan.

2. Caladium

Caladium atau keladi juga banyak dicari untuk menghiasi pekarangan rumah dan sudut ruangan. Caladium memiliki bentuk daun seperti anak panah dengan perpaduan warna merah, hijau, dan putih.

Beberapa jenis keladi yang populer adalah Caladium candidum dan Caladium green spider.

3. Aglonema

Aglonema atau dikenal dengan Sri Rezeki juga memiliki paduan warna yang indah antara hijau, merah, dan putih. Beberapa Aglonema yang banyak dicari adalah Aglonema modestum, Aglonema red peacock, dan Aglonema Sultan Brunei.

4. Anthurium

Anthurium dikenal juga dengan kuping gajah yang memiliki bentuk daun yang unik seperti kuping gajah. Anthurium merupakan tanaman dengan genus terbanyak dalam keluarga Araceae.

Selain menjadi tanaman hias, bunga Anthurium juga dijadikan bunga potong.

5. Bunga lili

Bunga lili dengan nama ilmiah Spathiphyllum juga termasuk keluarga Araceae. Daun dan bunga yang cantik membuat lili selalu jadi primadona dari waktu ke waktu. Bunga lili juga banyak dijadikan sebagai bunga potong.

Usai mengetahui ragam jenis ini, Anda dapat melengkapi koleksi tanaman hias keluarga talas-talasan di rumah. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: