Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama di Kabupaten Magelang Capai 1900 Jiwa

BNews—MAGELANG— Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Magelang telah dilaksanakan mulai beberapa waktu lalu. Hingga Sabtu (30/1/2021), jumlah sasaran yang telah disuntik vaksin mencapai 1.960 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo. Dia menyebut bahwa masih ada 777 orang yang gagal di suntik vaksin karena berbagai faktor.

”Gagal disuntik vaksin diantaranya karena sebagai penyintas, eksklusi dan tidak hadir. Dari 777 orang itu, yang eksklusi ada 501 orang. Tidak hadir 32 orang dan ditunda ada 244 orang,” katanya.

Dia menjelaskan, penundaan vaksinasi disebabkan para sasaran tersebut dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menerima vaksin Covid-19. Misalnya, dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan mengalami tekanan darah tinggi atau sedang flu, batuk pilek atau lainnya.

“Sesuai SOP, tidak boleh dilakukan jika kondisi target tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan bahwa sasaran utama dalam tahap pertama vaksinasi adalah sumber daya manusia (SDM) kesehatan dan tokoh masyarakat. Yang mana jadwal suntik vaksin yang pertama dimulai pada 25 hingga 30 Januari.

”Berselang 14 hari dari penyuntikan vaksin Covid-19 akan dilakukan penyuntikan tahap kedua. Vaksin ini, baru akan bekerja maksimal setelah suntikan kedua,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: