IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ini Daftar Tempat Wisata di Lereng Merapi Magelang Paling Rekomended

BNews–MAGELANG– Gunung Merapi yang menyimpan sejuta misteri ternyata memilki hal lain yang harus kalian ketahui.

Ya, soal wisata dan lokasi indah yang patut kalian kunjungi setiap akhir pekannya.

Mulai wisata alam hingga buatannya, dengan latar belakang gunung merapi memang layak untuk dikunjungi.

Khususnya yang berada di Kabupaten Magelang, terdapat beberapa wisata yang sangat menarik.

Gunung Merapi sendiri untuk di sisi Kabupaten Magelang terdapat di tiga wilayah. Yakni Kecamatan Sawangan, Dukun dan Srumbung.

Dimana setiap Kecamatan terdapat beberapa lokasi wisata yang harus dikunjungi.

Dan kali ini Borobudurnews.com mencoba merangkum beberapa lokasi wisata di lereng merapi Magelang terekomendasi.

Loading...
1.Air Terjun Kedungkayang
Salah satuspot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto-- @yosafatyk )
Salah satu spot foto di Kedung Kayang dengan latar belakang air terjun dan gunung merapi ( Foto– @yosafatyk )

Sebuah air terjun yang mengali di kaki Gunung Merapi ini tampak indah. Berlokasi di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang ini, pengunjung bisa menikmati kesegaran air terjun Kedungkayang.

Air Terjun Kedung Kayang bisa ditempuh melalui jalan utama Magelang-Boyolali. Nantinya akan ditemukan plang penunjuk arah beruliskan Air Terjun Kedung Kayang.

Area parkir kendaraan pun tidak jauh lagi. Usai membayar tiket masuk sebesar Rp 4.500 dan tarif parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor, perjalanan menuju air terjun dilakukan dengan berjalan kaki. Nantinya akan dijumpai dua persimpangan, yakni ke spot panorama atas atau menuju titik air terjun.

2. Candi Asu
WISATA : Candi Asu di Kecamatan Dukun tampak dari depan dan sedang ada pengunjung (Foto--Istimewa)
WISATA : Candi Asu di Kecamatan Dukun tampak dari depan dan sedang ada pengunjung (Foto–Istimewa)

Candi Asu Sengi berlokasi di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Sekitar 25 Km dari Candi Borobudur ke arah timur laut.

Candi ini merupakan candi peninggalan jaman kerajaan Mataram Kuno dari trah Wangsa Sanjaya (Mataram Hindu). Candi ini berada di lereng Gunung Merapi sebelah barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan.

Di dekat candi tersebut terdapat 2 buah candi Hindu lainnya, yaitu Candi Pendem dan Candi Lumbung. Dalam prasasti-prasasti  disebutkan bahwa Candi Asu Sengi merupakan tempat suci untuk melakukan pemujaan, baik pemujaan kepada arwah leluhur maupun para arwah raja-raja serta dewa-dewa.

Tidak usah khawatir juga dengan harga tiket karena untuk masuk ke Candi Asu tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya diminta biaya parkir saja untuk tambahan biaya perawatan.

3. Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan
Tampak Gunung Merapi dari Pos Babadan Dukun Magelang
Tampak Gunung Merapi dari Pos Babadan Dukun Magelang

Tempat ini merupakan salh satu lokasi terbaik untuk mengamati Gunung Merapi. Pos ini terletak 1278 m dari permukaan laut dan hanya berjarak 4,4 km arah barat laut dari puncak gunung.

Untuk alamtnya masuk Desa Krinjing Kecamatan Dukun, Kabupatan Magelang, Jawa Tengah. Meskipun bukan sebuah tempat wisata secara resmi, namun banyak pengunjung yang berdatangan ke lokasi tersebut.

Selain menikmati keindahan gunung merapi dari jarak dekat dan asrinya alam sekitarnya, pengunjung bisa belajar soal Merapi. Cukup membayar parkir saja karena memang belum ada tiket masuk kawasan ini.

Menariknya lagi, kendaraan mobil bisa mencapai lokasi parkir pos ini. Karena memang jalan sudah beraspal dan cukup dilalui. Bisa melalui jalur evakuasi Mangunsoko atau pasar sayur soko Sewukan. Kami rekomendasikan lewat jalur Pasar Soko Sewukan karena jalannya lebih baik.

4. Jembatan Jokowi
ISTIMEWA: Tampak udara jembatan jokowi dan pemandangan indah alam disekitarnya (Foto-- @740aerialvideography)
ISTIMEWA: Tampak udara jembatan jokowi dan pemandangan indah alam disekitarnya (Foto– @740aerialvideography)

Jembatan gantung Jokowi di lereng merapi sekarang tampil beda dan lebih keren. Tentunya lebih asyik buat berfoto ria dengan latar belakang gunung merapi..

Sebuah jembatan penghubung Desa Sumber dan Mangunsoko Kecamatan Dukun itu memang dikenal nama istilah Jembatan Jokowi nama presiden Indonesia dan diresmikannya 2017 silam. Kini jembatan besi dengan panjang 120 meter diatas sungai senowo tersebut penuh warna-warni karena dilakukan pengecatan.

Tidak hanya itu sekarang September 2020 terdapa beberapa wahana bermain tambahan. Seperti kolam ikan dan taman bermain anak.

Pengunjung cukup menbayar parkir saja di lokasi tersebut. Dan jangan lupa beli jajanan disana untuk membantu perekonomian warga.

5. Pasar Tradisi Lembah Merapi
KEREN : Sel;ain wisata kuliner, di Pasar Tradisi Lembah Merapi juga menyajikan spot foto keren berlatar belakang Merapi dan Merbabu. (foto : Istimewa)

Lokasi ini berlokasi di puncak bukit Gununggono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Pasar ini merupakan pasar wisata kuliner jadoel atau tempo dulu, dimana menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman jawa kuno.

Pasar ini hanya buka setiap hari Minggu pukul 06.00-12.00 wib. Salah satu keunikan pasar berkonsep ”tempoe doeloe” adalah tidak berlakunya mata uang rupiah sebagai alat pembayaran.

Model transaksi jual beli antara pembeli dengan pedagang wajib menggunakan dhono atau uang koin yang terbuat dari bambu. Untuk mendapatkan satu buah dhono, pengunjung dapat menukarkannya dengan uang sejumlah Rp 2 ribu rupiah.

6. OWA Jurang Jero
Rumah Pohon di obyek wisata alam Jurangjero Srumbung (Foto: Istimewa)
Rumah Pohon di obyek wisata alam Jurangjero Srumbung (Foto: Istimewa)

Lokasi ini  menyimpan beberapa potensi atraksi alam, antara lain pemandangan Gunung Merapi, hutan pinus, dan camping ground. Selain itu juga didukung dengan atraksi wisata Jeep, ATV, minitrail, taman bermain alam, dan kolam keceh.

Untuk lokasinya masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Masih masuk wilayah Desa Ngargosoko, Srumbung, Kabupaten Magelang.

Area ini didominasi pohon pinus merkusi dan beberapa lokasi dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menanam rumput kolonjono. Potensi satwa terutama burung cukup tinggi di wilayah ini.

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, dilarang membawa alat berburu, menyalakan api di sekitar kawasan itu, dan masih banyak lagi lainnya. Taman wisata ini cukup menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Pasalnya tumbuhan pinus yang tumbuh di sekitarnya membawa keindahan dan menyejukkan hawa di taman wisata ini. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: