Demi Nafkahi Keluarga, Pria Ini Nekat Jual Peralatan Las Milik Temannya

BNews—JOGJAKARTA— Seorang warga Pangenrejo, Purworejo berinisial YT, 40, ditangkap polisi usai menggelapkan peralatan listrik milik teman kerjanya di Kalasan senilai jutaan rupiah. Perkakas listrik ini dijual tersangka dan uangnya digunakan untuk menghidupi keluarganya.

Kapolsek Kalasan Kompol Sumantri didampingi Panit Reskrim Aiptu Rendra Widjanarko membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan, saat ini polisi masih terus mendalami kasus penipuan dan penggelapan itu.

”Pelaku ditangkap di Maguwoharjo di rumah istrinya, akhir pekan lalu. Sebelumnya kita mendapat laporan dari korban Saparjan, 40, warga Bromonilan, Purwomartani, Kalasan,” kata Aiptu Rendra, Kamis (25/3).

Dijelaskan, kasus ini bermula saat tersangka meminjam sejumlah peralatan listrik dan las meliputi; kompresor, accu, las listrik milik korban karena akan digunakan untuk membuat pagar besi. Namun pengerjaan itu dilakukan di bengkel las milik korban. 

Sesaat sebelum kejadian, korban pergi keluar kota. Hal ini dimanfatakan tersangka untuk kabur membawa peralatan las tanpa seizin korban. Kejadian ini baru diketahui korban saat ia baru pulang dari luar kota.

Korban pun langsung mencurigai tersangka sebagai pelaku pencurian seperangkat alat las miliknya. Setelah ditunggu beberapa lama, ternyata tidak ada itikat baik dari tersangka untuk mengembalikan alat las itu. 

Korban kemudian melaporkan kasus yang dialaminya ke Polsek Kalasan. Mendapat laporan itu, dipimpin Aiptu Rendra, polisi melakukan penyelidikan di lapangan guna menangkap tersangka penipuan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Hasilnya tidak butuh waktu lama buat petugas untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka. Berbekal keterangan korban, petugas berhasil mengidentifikasi tersangka dan melalukan penangkapan di Maguwoharjo. 

”Awalnya pelaku ini pinjam alat las listrik milik korban. Saat pelaku pergi, pelaku justru membawa kabur,” jelasnya.

Setelah dilakukan penangkapan, tersangka langsung digelandang ke Polsek Kalasan guna pemeriksaan lebih lanjut. Kepada petugas, tersangka mengaku peralatan tersebut sudah dijual. Akibatnya korban mengalami kerugian hingga Rp4,5 juta.

”Semua barang habis dijual. Hasilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pelaku dan korban saling kenal karena sebelumnya pelaku ini pernah tinggal di rumas kos milik korban,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, tersangka harus mendekam di sel tahanan Polsek Kalasan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku dijerat Pasal 378 Jo 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun kurungan penjara. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: