Desa di Lereng Sumbing ini Siapkan Gedung Karantina Bagi Pemudik

BNews–WINDUSARI– Desa Kentengsari Kecamatan Windusari Magelang siapkan rumah karantina bagi pemudik. Hal ini guna mengantisipasi warganya yang mudik dari luar kota.

Camat Windusari, Subiyanto mengatakan rumah karantina tersebut juga dilengkapi sejumlah kebutuhan bahan pokok yang bisa digunakan pemudik selama menjalani masa karantina. “Untuk lokasinya ini sebenarnya adalah sebuah ruangan sekolah PAUD. Cuman dimanfaatkan sementara untuk lokasi karantina pemudik,” katanya (16/4/2020).

Ia juga menjelaskan kedepan seluruh Desa di Kecamatan Windusari akan menyiapkan rumah karantina bagi pemudik. “Hal ini untuk antisipasi gelombang pemudik,” imbuhnya seperti yang dikuti berita magelang.

Subiyanto mengungkapkan bahwa untuk persiapan rumah karantina ini dibantu sejumlah relawan dan personil Gugus Tugas Covid-19 Desa. Mereka sibuk menyiapkan kelengkapan fasilitas serta kebutuhan logistik bahan pokok yang nantinya dapat digunakan oleh para pemudik saat menjalani karantina.

“Nantinya para pemudik dari luar daerah akan menjalani karantina selama 14 hari sebelum bertemu langsung dengan keluarganya dan berbaur dengan masyarakat luas,” ungkapnya.

Selama menjalani masa karantina, para pemudik akan dijamin oleh pemerintah untuk kebutuban bahan makanan dan akan didampingi para relawan desa yang sudah disiapkan. “Ini untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Lereng Sumbing, khususnya Desa tersebut,” ujarnya.

Sementara untuk mengurangi kejenuhan selama karantina, pemudik dapat berativitas di lingkungan gedung yang jauh dari permukiman. “Hal ini bisa dilakukan pemudik agar tetap sehat dan jauh dari masyarakat sehingga aman tidak menimbulkan kekhawatiran,” pungkasnya. (*/her)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: