Detik-Detik Mencekam 7 Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Merapi

BNews—JOGJAKARTA— Sedikitnya tujuh penambang pasir terjebak banjir lahar hujan Gunung Merapi di aliran Kali Gendol, Cangkringan, Sleman pada Rabu (1/12) malam. Mereka menyelamatkan diri dengan bebagai cara hingga berhasil diselamatkan setelah empat jam.

Pantauan Borobudur News dari Instagram @merapi_uncover pada Kamis (2/12), para penambang pasir itu berhasil diselamatkan sekitar pukul 20.15WIB. ”Warga terjebak aliran Lahar Hujan Kali Gendol,” tulisnya.

Kronologi bermula ketika tujuh orang penambang pasir tengah beraktivitas di sekitar lokasi penambangan pasir Gemilang, Jambu Lama, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Tidak berselang lama turun hujan di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 14.00WIB pada Rabu siang.

Hujan di puncak Merapi itu memicu banjir lahar hujan yang kemudian mengalir deras di Kali Gendol. Saat itu para penambang pasir masih berada di sekitar aliran Kali Gendol. Termasuk kendaran roda empat satu unit, truk dua unit dan lima unit motor.

”Tujuh orang terjebak setelah Lahar Hujan menerjang lokasi. Mereka mengamankan diri di sebelah timur Kali Gendol, tiga orang yang di sebelah barat lari mencari bantuan untuk menyelamatkan tujuh orang yang terjebak,” ujar laporan Tim SAR.

Sekitar pukul 19.30WIB, kejadian ini dilaporkan ke Tm SAR kemudian dilakukan evakuasi. Petugas gabungan kesulitan mengevakuasi para korban karena minimnya penerangan. Akhirnya setelah banjir agak surut, para korban berhasil dievakuasi ke Dusun Jambu Cangkringan Sleman sekitar pukul 20.30.

”Semua korban selamat,” pungkasnya. (ifa/han)

Sumber: Harian Merapi

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!