IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Di Magelang Ada 10 Perumahan Baru Tiap Tahun, Ini Lokasinya

BNews–MERTOYUDAN– Pembangunan perumahan di wilayah Kabupaten Magelang semakin ramai. Namun lokasinya masih terpusat di wilayah strategis seperti Mertoyudan, Secang dan Muntilan.

Kasi Perencana dan Pengendalian Perumahan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, Fakhrudin menyebutkan tidak ada kecamatan dikhususkan untuk dibangun perumahan. Tetapi mayoritas pengembang membidik tiga kecamatan tersebut.

“Di wilayah Kecamatan Mertoyudan paling banyak diminati pengembang perumahan,” katanya.

Menurutnya, pembangunan perumahan juga dipengaruhi dari tingkat keamanan wilayah, terutama dari faktor bencana alam. “Belum ada aturan khusus yang mengatur hal pembangunan perumahan harus di kecamatan mana. Tetapi pengembang juga sudah melihat faktor keamanan dari potensi bencana alam,” sebutnyan.

“Semisal, dalam hal ini jelas tidak boleh membangun perumahan dalam radius beresiko dari Gunung Merapi,” imbuhnya.

Sementara, dalam kurun waktu tahun ini, menurut data dari DPRKP Kabupaten Magelang, rata-rata setiap tahunnya terdapat 10 perumahan baru. “Rata-rata setiap tahunnya ada 10 perumahan baru. Sebanyak 50 persen perumahan terletak di Mertoyudan, Hal ini sebagai daya tarik perkotaan dan strategis,” paparnya.

Fahrudin juga mengungkapkan dalam proses perizinan pengembangan perumahan, pihaknya berusaha agar tidak ada perumahan yang berdiri diatas daerah tangkapan air “Salah satu contoh daerah resapan air adalah disekitar mata air. Dikawatirkan jiga resapan air kurang maka debit mata air juga berkurang,” pungkasnya. (*/bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: