Disdukcapil Kabupaten Magelang Mulai Pendataan Digital, Kedepan Tak Perlu KTP El Fisik Lagi

BNews–MAGELANG— Pendataan Identitas Kependudukan Digital (IKD) digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magelang. Dengan mengangkat tema ‘Adminduk Dalam Genggaman’ hal itu dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 17 Februari mendatang; bertempat di Pendopo Soepardi, Setda Kabupaten Magelang, Selasa (14/2/2023).

Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data pada Disdukcapil Kabupaten Magelang, Nur Pudjining Dihati menyampaikan; Disdukcapil Kabupaten Magelang hari ini sedang melakukan pengaktifan IKD.

“Jadi kedepan, Kita sudah tidak menggunakan KTP El Fisik lagi. Ke depan setelah semua masyarakat punya HP android maka semua dokumen kependudukan ada dalam genggaman; maksudnya dengan HP semua dokumen kependudukan dan yang lainnya ini ada dalam IKD itu,” jelas, Nur disela kegiatan pendataan IKD.

Lebih lanjut, Nur menerangkan, setelah melakukan aktivasi IKD, maka secara langsung sudah memiliki KTP L, Kartu Keluarga (KK), dan dokumen lainnya seperti NPWP, Kartu Pemilih, untuk Pemil, Kartu ASN untuk yang Pegawai, record Vaksin Covid-19, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Komplit di situ (IKD) ada semuanya, semua dokumen ada digenggaman,” terangnya.

Selama ini Disdukcapil Kabupaten Magelang sudah bergerak untuk masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk mengurus KTP.

“Jadi untuk pemula akan kita rekam dulu, kemudian untuk yang sudah punya KTP akan kita proses langsung untuk mengaktifkan IKD,” papar, Nur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutnya, kegiatan pengaktifan IKD ini telah sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh Dirjen Dukcapil; bahwa tahapan ini segera dimulai terlebih dahulu untuk lingkup ASN di Kabupaten Magelang.

Kedepan setelah pengaktifan IKD di lingkungan ASN Kabupaten Magelang selesai, maka akan dilanjutkan ke kampus-kampus; sekolah, kemudian ke masyarakat secara umum.

Namun demikian, apabila ada masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk meminta/mengurus KTP karena alasan hilang/rusak, maka akan langsung diproseskan IKD.

“Bagi masyarakat yang ingin mengaktifkan IKD silahkan datang ke Disdukcapil,” kata, Nur. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!