DPRD Setujui Penyertaan Modal PDAM Tirta Gemilang Rp 1,5 Miliar

BNews–MUNGKID-– Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Magelang menyetujui dua raperda, siang tadi (18/3/2020). Keduanya tentang PDAM dan BUMD.

Dalam laporannya pansus II melalui juru bicaranya Joko Anaryanto mengatakan, bahwa  pembahasan Raperda dalam rangka mendukung pencapaian target Millenium Development Goal’s (MDG’s) Tahun 2025. “Hal ini Khususnya dalam cakupan pelayanan air bersih kepada masyarakat, Pemerintah Daerah perlu memperkuat struktur permodalan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” katanya.

Penguatan struktur permodalan tersebut dilakukan dengan menambah penyertaan modal pemerintah daerah. “Penyertaan Modal dimaksud dilakukan untuk penambahan, peningkatan, perluasan prasarana dan sarana sistem penyediaan air minum. Serta peningkatan kualitas dan pengembangan cakupan pelayanan air minum kepada masyarakat,” imbuh Joko.

Dijelaskannya, hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan cakupan layanan air minum kepada masyarakat. Dan Perusahaan Daerah Air Minum ”Tirta Gemilang” Kabupaten Magelang telah mengikuti Program Hibah Air Minum Perkotaan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang anggarannya bersumber dari APBN.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sampai dengan Tahun 2019 PDAM Kabupaten Magelang telah mengikuti delapan kali program hibah MBR. Antara lain tahun 2016 sebanyak 500 sambung rumah dengan nilai hibah sebesar Rp 1 Miliar.

Tahun 2017 sebanyak 750 sambung rumah dengan nilai hibah sebesar Rp 1,75 miliar. Tahun 2018 sebanyak 500 sambung rumah dengan nilai hibah sebesar Rp 1,5 Miliar. Dan Tahun 2019 sebanyak 500 sambung rumah dengan nilai hibah sebesar Rp 1,5 Miliar.

Loading...

“Dana Hibah MBR dari Pemerintah Pusat dimaksud menambah jumlah penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pada Tahun 2019 dana penyertaan modal pada PDAM Tirta Gemilang telah terpenuhi sebesar Rp 30 miliar. “Sehingga untuk memberikan pernyertaan modal harus dilakukan perubahan atas modal dasar PDAM Kabupaten Magelang. Dimana hal ini diatur dalam ketentuan Peraturah Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Magelang,” paparnya.

Tim Pansus II DPRD Kabupaten Magelang atas perubahan itu maka pada penetapan modal dasar yang sebelumnya sebesar Rp 30 Miliar menjadi Rp 35,75 Miliar. “Perubahan modal dasar dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Hal itu antara lain memberi landasan hukum bagi pemerintah daerah dalam penambahan modal pada Perusahaan Daerah Air Minum karena telah terpenuhinya modal disetor pada tahun 2019. Menyesuaikan jumlah modal dengan asset Perusahaan Daerah Air Minum,” paparnya.

“Sehingga atas dasar pertimbangan tersebut perlu membentuk Peraturan Daerah Kabupaten Magelang tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan daerah Kabupaten Magelang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Magelang,” tegasnya.

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERDA NOMOR 4 TAHUN 2013

Sementara Penyertaan Modal pada BUMD telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor  4 Tahun 2013 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Badan Usaha Milik Daerah. Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Badan Usaha Milik Daerah.

Dan pada Peraturan Daerah tersebut diatur penyertaan modal kepada PDAM pada Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp. 4,5 miliar  yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2019. Dan anggaran tersebut belum mengakomodir dana hibah MBR sebesar Rp 1,5 miliar.

“Mengingat Raperda Penyertaan Modal baru akan mendapatkan persetujuan pada Tahun 2020 ini, maka dana hibah MBR Rp 1,5 Miliar baru akan dipenuhi pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020,” ungkap Joko.

“Mendasari hal tersebut, maka perlu dilakukan Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penyertaan Modal pada Badan Usaha Milik Daerah. Tentunya untuk memasukkan dana hibah MBR dimaksud sebagai penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: