Dua Tokoh Wayang Kulit Ikut Dimakamkan Bersama Ki Seno Nugroho

BNews–JOGJA-– Proses pemakaman Dalang Kondang Ki Seno Nugroho dipadati pelayat di rumah dukanya. Almarhum dimakamkan di Makam Semaki Gede, Kota Yogyakarta yang berlangsung haru.

Tangisan dari keluarga, kerabat, dan para penggemar mengiringi prosesi pemakaman sang dalang. Ki Seno Nugroho dikenal memiliki ciri khas menggabungkan gaya campuran Yogyakarta dan Solo dalam menampilkan lakon wayang.

Tak hanya itu, lantunan dzikir terus berkumandang seiring peti jenazah Ki Seno Nugroho tiba di pusara terakhirnya. Sekitar pukul 14.15 WIB,  prosesi pemakaman dimulai yang diawali dengan upacara pemakaman terdahulu.

Juru bicara keluarga yang diwakilkan kerabat mendiang Ki Seno Nungroho mengucapkan, permohonan maaf apabila ada kesalahan yang pernah dilakukan mendiang semasa hidupnya.

“Saya mewakili keluarga mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak yang pernah diperbuat beliau di masa hidupnya. Semoga beliau (Ki Seno Nugroho) bisa diterima di sisi Allah SWT dan diberikan tempat terbaik,” ujarnya pada prosesi pemakaman (4/11/2020)

Pada prosesi pemakaman tampak dua wayang kulit ikut dikuburkan bersamaan dengan jenazah, yaitu Bagong dan Bima.

Tokoh Bagong sendiri merupakan lakon yang paling sering dibawakan beliau di setiap aksi panggungnya.

Loading...

Sedangkan, tokoh Bima menggambarkan dirinya yang bernama Seno atau nama lain dari wayang tersebut. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: