Dua Wisatawan Candi Borobudur Asal Luar Kota Positif Covid-19, Diminta Isolasi Mandiri

BNews–MUNGKID– Rapid Test dan Swab bagi wisatawan yang akan ke Candi Borobudur di hari ketiga terdapat hasil yang mengejutkan (30/10/2020). Terdapat dua wisatawan dinyatakan positif covid-19 dan 6 orang reaktif.

Test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang tersebut memang dilakukan pada masa libur panjang dan cuti bersama kali ini.

“Hari ini kita ambil sample 150 orang wisatawan, dan hasilnya dua orang positif covid-19. Mereka ini berasal dari Medan dan Tangerang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.

Keduanya dinyatakan positif, karena sebelumnya hasil Rapid Test reaktif lalu dilakukan SWAB di Halaman TIC Borobudur.

“Nah hasil swab ini keluar positif. Kemudian mereka berdua kami minta untuk isolasi mandiri dan tidak melanjutkan ke tempat wisata Candi Borobudur,” imbuhnya.

Disampaikan Retno, selama tiga hari ini, pihaknya telah melakukan rapid test terhadap wisatawan yang akan berkunjung ke sekitar Candi Borobudur sebanyak 455 orang.

“Dari 455 wisatawan yang dirapid itu, ada 29 yang reaktif dan dua yang positif. Rinciannya, hari pertama ada 15 yang reaktif dan delapan pada hari kedua serta enam wisatawan pada hari ketiga,” imbuhnya.

Loading...

Namun, kata dia dari enam yang reaktif pada hari ketiga itu, dua yang positif. “Kami edukasi pada rombongan Keluarganya untuk antisipasi terjadinya penularan,” ujarnya.

Kedua pasien dan keluar sudah diberikan edukasi. “Saya berharap agar kedua secepatnya putuskan isman di lokasi terdekat,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: