Peringati 10 Tahun Erupsi Merapi, DTW Ketep Pass Gelar Ritual dan Pentas Wayang Kulit

BNews–SAWANGAN– Peringati satu dekade erupsi merapi 2010, Destinasi Wisata Ketep Pass Sawangan Magelang gelar serangkaian kegiatan hari ini (26/10/2020). Mulai dari ritual hingga pementasan wayang kulit semalaman.

“Kegiatan ini peringati 10 Tahun erupsi merapi yang dulu terjadi pada 26 Oktober 2010. Dan hari ini kita peringati dengan berbagai acara,” ungkap Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Diskominfo Kabupaten Magelang. “Tidak hanya peringati satu dekade erupsi merapi namun juga ulang tahun obyek wisata Ketep Pass yang ke 18 tahun,” imbuhnya.

Acara ini dimulai sejak pagi hingga malam hari. “Untuk sesi prosesi ritual pagi dipimpin oleh Mas Kikis dan siang harinya untuk prosesi kedua oleh Mas Agus Merapi,” ujarnya.

Kegiatan siang diakhir dengan pemotongan tumpeng. “Hal ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME melalui berkah Merapi dan alam sekitarnya,” tegasnya.

Rangkaian acara ini akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit. “Nanti malam akan pentas wayang kulit ketat sesuai protokol kesehatan. Dan akan mendatangkan dalang Ki Bayu Setiawan dengan lakon Pandowo kumpul,” terangnya.

Mul Budi Santoso mengungkapkan acara ini akan dihadiri oleh Bapak Bupati Magelang dan akan disiarkan live oleh akun youtubeDinas Kominfo Kabupaten Magelang dan radio gemilang FM. “Jadi para penonton bisa menyaksikan wayang kulit dari rumah saja,” pungkasnya. (bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: