IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Dukung Pariwisata Borobudur, Pemerintah Akan Bentuk SAR Unit Magelang

BNews—MUNGKID—Sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan super prioritas pariwisata Borobudur, pemerintah berencana membentuk Tim SAR unit Magelang. Pembentukan Search And Rescue ini untuk membantu dibidang penanganan kebencanaan.

Pembentukan Tim Sar ini guna memenuhi instruksi dari Presiden Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang (Basarnas Jateng), Nur Yahya saat menghadiri audiensi di Ruang Gemah Ripah, Setda Kabupaten Magelang (8/9/2020).

”Sesuai dengan instruksi Presiden kami harus ada kepanjangan tangan dari pemerintah khususnya dibidang SAR untuk mendukung prioritas pembangunan pariwisata Borobudur. Kami dikasih perintah dari Kepala Badan Basarnas untuk membentuk unit SAR Magelang,” ungkap Yahya.

Dia menjelaskan, Kabupaten Magelang merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana cukup tinggi. Sehingga perlu adanya pembentukan tim SAR sesegera mungkin.

Bila sarana prasarananya sudah lengkap, kata Yahya, pembentukan tim SAR akan segera dipercepat. Salah satunya yakni pembentukan Kantor Unit SAR, yang diperkirakan pembentukannya paling lama pada bulan Januari tahun mendatang.

Pembentukan unit SAR Magelang yang diinisiasi pemerintah pusat ini disambut baik oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin. Hal tersebut disampaikan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto.

”Meski belum dalam bentuk Pos, melainkan unit tapi kami menyambut baik. Semoga hal ini sebagai bentuk sinergi kedepannya dengan BPBD yang selama ini menangani bidang  pelayanan yang sama.” jelas Ardi.

Loading...

Terkait kebutuhan gedung, ruang atau pun kantor, Adi meminta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto untuk bisa berkoordinasi dengan BPPKAD. ”Mana saja ruang yang bisa memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat unit SAR nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, mengatakan bahwa keberadaan dan peran serta SAR memang sangat dibutuhkan. Berkaca dari peristiwa erupsi Merapi tahun 2006, gerakan relawan masih belum masif seperti sekarang ini. (magang/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: