Dukung PPKM Mikro, Begini Persiapan 3 Pilar Kecamatan Bandongan Magelang

BNews—BANDONGAN— Jajaran Pemerintah Kecamatan Bandongan dan TNI-Polri di wilayah Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, menggelar rapat. Yakni Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di wilayah setempat pada Rabu, (10/2/2021).

Rapat yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bandongan ini membahas tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021. Tentang PPKM Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

”Setelah PPKM pertama dan kedua, ada lagi PPKM berbasis mikro. Di instansi kepolisian sudah menindaklanjuti sesuai instruksi Mendagri, sedang di instansi kita, masih menunggu surat edaran dari Bupati Magelang yang masih dalam proses dan pengkajian,” kata Plt Camat Bandongan, Daryoko Umar Singgih, Rabu (10/2/2021).

Kendati demikian, kata Daryoko, diperlukan tindakan karena situasi terkait Covid-19 bersifat dinamis. Sehingga perlu kecepatan gerak dan sinergitas antara tiga pilar yang ada di wilayah kecamatan Bandongan.

”Tiga pilar ini jangan sampai lengah dan tetap waspada. Terkait penanganan Covid-19, program Jogo Tonggo sudah dilaksanakan,” ujar dia.

”Selain itu, mendeteksi dini kegiatan masyarakat. Selama mendapatkan surat ijin dari bupati dan sesuai prokes, ya, harus sesuai apa yang sudah menjadi kesanggupan penyelenggara,” sambungnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Magelang Kota Kompol Dwi Retnowati menyebut, dalam PPKM Mikro ini masyarakat masih bisa melakukan aktivitas namun dibatasi.

”Sesuai SE Gubernur dan SE Walikota/ Bupati agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap bahaya Covid-19,” ujar dia.

Dia menjelaskan, pihaknya masih tetap melaksanakan operasi yustisi. Serta tidak mengeluarkan surat ijin kegiatan masyarakat terutama yang mengumpulkan massa.

”Kami imbau agar masyakarat tetap mematuhi kebijakan yang ada, guna pencegahan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Jangan takut untuk melaporkan kegiatan masyarakat yang endingnya mengumpulkan masa,” jelas dia.

Salanjutnya, dirinya meminta para kepala desa di wilayah Kecamatan Bandongan untuk memberikan pemahaman dan mengimbau warganya agar bisa mengendalikan kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa.

”Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Babhinkamtibmas dan Babinsa. Berkat kerjasama dengan kades masing-masing yang aktif untuk memantau kegiatan masyarakat guna pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya.

Kapolsek Bandongan, AKP Sukardiyana menambahkan bahwa setiap kegiatan masyarakat harus ada izin sesuai kebijakan yang berlaku. Bila melanggar, nanti bisa diingatkan dan diatasi oleh pemerintah tingkat desa.

”Kalau tidak bisa, kita bisa melaksanakan teguran dan penindakan sesuai UU Kekarantinaan Kesehatan,” pungkasnya. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: