IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Embung “Cantik” di Lereng Andong Bakal Segera Rampung

BNews–NGABLAK– Sebuah embung cantik dalam proses pembangunan dengan background tiga gunung di daerah sisi utara Magelang. Tepatnya di Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Proyek Embung Pagergunung tersebut merupakan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR). Dibawa merupakan aspirasi dari salah satu anggota DPR RI Ir Sudjadi dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kepala Desa Pagergunung, Wahrodi saat dihubungi Borobudurnews.com mengatakan bahwa embung tersebut proyek Kementrian PUPR aspirasi Ir Sudjadi.

“Anggarannya kalau tidak salah sekitar Rp 4,4 Miliar. Dan sudah mulai dikerjakan bulan Juli kemarin, dan harus selesai bulan Desember 2020 ini,” katanya (2/9/2020).

Embung dengan latar belakang Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo ini dibangun di tengah area persawahan warga.

“Lokasi pembangunan merupakan Tanah Bengkok Kepala Desa. Itu merupakan kesepakatan perangkat desa, dengan maksud agar tidak muncul masalah dikemudian hari,” imbuhnya.

Wahrodi juga menyampaikan embung tersebut dibangun untuk membantu perairan irigasi di persawahan warga. Selain itu juga, kata dia untuk tampungan air dan kedepan menjadi salahs satu destinasi wisata.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Aliran airnya nanti bersumber dari Air Terjun Sumuran jadi mengalir terus. Dan kedepan pengembangan dan pengelolaan akan kami serahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES),” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, selain pengembangan nantinya dari Dana Desa juga berharapan lagi kepada Ir Sudjadi. “Ya kedepan supaya ada kelanjutan bantuan RTH atau ruang terbuka hijau diwilayah embung,” ujarnya.

embung cantik di dekat Gunung Andong (2/9/2020)-(Foto: Istimewa)
embung cantik di dekat Gunung Andong (2/9/2020)-(Foto: Istimewa)

Sementara, lanjut Wahrodi dengan adanya embung tersebut berharap mampu mencukupi pasokan air saat musim kemarau di wilayahnya. Sehingga masyarakat tetap bisa bercocok tanam.

“Embung tersebut juga nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu icon Desa, sehingga menjadi daya tarik wisata. Tentunya akan berdampak di sektor ekonomo warga,” harapnya.

Wahrodi juga menyampaikan ucapan terimaka kasih kepada Ir Sudjaniyang terus memperjuangan aspirasi untuk Desanya. “Tentunya juga terima kasih kepada Bupati Magelang, Kementrian PUPR, BBWSO dan semua pihak yang terlibat membantu kelancaran proyek tersebut,” terangnya.

“Saya mengajak masyarakat Desa Pagergunung untuk bersama-sama mendukung seluruh kegiatan tersebut demi kemajuan Desa Pagergunung tercinta ini,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: