Harga Ayam Potong Anjlok Rp 12000 Perkilo di Magelang, Peternak Merugi

BNews–MAGELANG– Harga ayam potong di pasaran mengalami penurunan sangat drastis akhir-akhir ini. Tercatat saat ini harga perkilonya ayam potong hidup hanya Rp 12.000 (2/9/2020).

“Kemarin sempat hanya Rp 9000 – Rp 10000 perkilonya di peternak,” ungkal Ircham Rosadi, 27, salah satu peternak ayam potong di Grabag Magelang.

Menurutnya, harga ayam potong anjlok di pasaran karena memang stoknya melimpah. “Sementara kita lihat sendiri kondisi pasar masih sepi konsumen. Ayam potong susah laku,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata Dia banyak peternak mau tidak mau sementara tidak memelihara ayam di kandangnya. “Hal ini dikarenakan juga kurun waktu dua tahun belakangan ini harga ayam potong dibawah HPP,” ungkapnya.

Sementara, menurutnya para peternak ayam yang saat ini sudah siap panen raya menjualnya secara ecer ke warga. Meskipun ada yang diambil bakul seperti biasa, namun jumlahnya tidak banyak.

“Jelas itu membuat rugi para peternak ayam potong,” tegasnya.

Ircham juga menyampaikan kemarin perwakilan paguyupan peternak rakyat nusantara telah menggelar aksi di Jakarta. Mereka memberikan delapan tuntutan kepada pemerintah.

“Ya salah satu tuntuan dan harapan kami, semoga pemerintah lebih bisa meningkatkan pengawasan terhadap pabrik-pabrik besar dan persaingan bisnis unggas yang tidak sehat. Pabrik cukup buat paka dan docnya saja, jangan malah buat peternakan juga,” harapnya.

Pabrik besar itu diketahui memang membuat ternak sendiri. “Ya jangan mentang-metang punya pakan dan doc sendiri terus bikin peternakan ayam sendiri. Kalau ini tidak ada penyikapan yang serius  dari Pemerintah, maka hal seperti ini akan terjadi setiap tahun,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: