Enam Warga Kreatif Raih Penghargaan Bupati Magelang

BNews—MUNTILAN— Enam masyarakat kreatif Kabupaten Magelang mendapatkan juara Lomba Kreasi dan Inovasi (KRENOVA) tahun 2019. Mereka berhak mendapatkan penghargaan dari Pemerintahan Kabupaten Magelang.

Dalam hal tersebut Bupati Magelang, Zaenal Arifin memberikan penghargaan kepada 6 orang juara tersebut. Moment penganugerahan tersebut saat acara Pekan Kelitbangan Anugerah Krenova di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Rabu (27/11/2019).

“Penghargaan kreativitas dan inovasi masyarakat ini adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang. Tentunya kepada masyarakat yang secara nyata menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya.

“Harapan saya hasil inovasi dan kreativitas ini bisa kita dorong agar terimplementasikan dan membawa kemanfaatan yang besar bagi masyarakat Kabupaten Magelang,” harapnya.

Perlu diketahui 6 juara Krenova Tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019 antara lain, juara I Vita Zubaidah (pembuatan ozonizer untuk sterilisasi produk hasil pertanian), juara II Priyo Nugroho (menjangkau pariwisata dunia melalui platform plesiran), juara III Khabib Anwari (optimalisasi pemuda desa dalam kehidupan bermasyarakat untuk Indonesia Berdaya).

Sedangkan, juara harapan I Absari Hanifah (aplikasi media pembelajaran berbasis augmented bagi anak), juara harapan II Hartoto (alat sprayer menggunakan tenaga matahari), juara III Slamet Sunarna (perbanyakan tanaman Gabungan Jaringan Akar ‘GANJA’).

Sementara, Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono mengatakan, tingkat literasi yang tinggi akan mendorong kreatifitas dan inovasi. Selain itu, di Kabupaten Magelang saat ini minat baca masyarakat semakin meningkat.

Loading...

“Alhamdulilah tahun ini Kabupaten Magelang merupakan satu-satunya Kabupaten yang mendapatkan Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI,” katanya.

Menurutnya, kreatifitas dan inovasi sangat diperlukan dalam pengembangan potensi lokal Kabupaten Magelang. Sentuhan kreatifitas dan inovasi akan menyebabkan proses produksi lebih kompetitif dan efisien serta meningkatkan daya saing, terutama dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0.

“Sangat tepat anugerah Krenova ini dijadikan wahana dalam mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: