Faperta Untidar Magelang Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University

BNews—MAGELANG— Fakultas Pertanian Universitas Tidar (Faperta Untidar) Magelang bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University, Senin (19/2/2024). Penandatangan dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) oleh Dekan Faperta Untidar dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University, serta perwakilan Gugus Kerja sama Fakultas, Fania Putri Luhurningtyas, S.Farm., M.Si.

PKS ini merupakan bentuk komitmen dan kerja sama antara kedua fakultas dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, khususnya di bidang ilmu dan teknologi pangan. PKS ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan, publikasi ilmiah, dan inovasi teknologi pangan, yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan bangsa.

Penandatangan PKS ini bersamaan dengan kuliah umum dengan tema Penganekaragaman Pangan Berbasis Agrokompleks Lokal di Masa Depan. Narasumber yang diundang dalam acara ini adalah Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr., yang merupakan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University.

Dalam pemaparannya, Slamet menjelaskan tentang konsep agrokompleks lokal sebagai solusi untuk keberagaman pangan di masa depan. Agrokompleks lokal adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai komponen pertanian. Seperti tanaman, hewan, mikroba, dan lingkungan, dalam suatu wilayah tertentu, untuk menghasilkan pangan yang berkualitas, beragam, dan berkelanjutan.

”Agrokompleks lokal juga dapat meningkatkan nilai tambah, kesejahteraan, dan ketahanan pangan masyarakat setempat,” jelasnya.

Dia juga menekankan pentingnya diversifikasi pangan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan. Diversifikasi pangan adalah kegiatan yang mengubah pola konsumsi pangan dari yang monoton menjadi lebih variatif, dengan memanfaatkan berbagai sumber pangan yang tersedia, baik lokal maupun global.

”Diversifikasi pangan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, ekonomi, sosial, dan lingkungan. Diversifikasi pangan juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur masyarakat akademik akan karunia Allah,” ujarnya.

Dia pun berharap, melalui kerja sama antara Faperta Untidar dan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University, dapat tercipta sinergi yang positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi pangan, serta pemberdayaan masyarakat. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: