Google Maps Tidak Akurat? Begini 5 Cara Mengatasinya

BNews—TEKNOLOGI— Kini tak sedikit orang yang memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk arah jalan.  Selain itu, aplikasi peta ini juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi dengan orang lain.

Kendati akurasi lokasi Google Maps terbilang cukup bagus, terkadang aplikasi ini juga menunjukkan lokasi yang kurang akurat. Nah berikut ini tips untuk meningkatkan akurasi Google Maps, khususnya di HP Android.

1. Kalibrasi aplikasi Google Maps

Jika Google Maps menunjukkan pancaran titik biru yang luas atau mengarah pada lokasi yang salah, kamu bisa mencoba untuk mengkalibrasi aplikasi untuk meningkatkan akurasinya. Cara melakukannya adalah:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Goyangkan ponsel membentuk angka 8, seperti pada gambar di atas.
  • Lakukan beberapa kali hingga ponsel terkalibrasi atau lingkaran di titik biru semakin menyempit.

Jika lingkaran di sekitar titik biru menyempit dan menunjukkan lokasi yang benar, proses kalibrasi bisa dihentikan.

2. Aktifkan mode akurasi tinggi

Selain kalibrasi aplikasi, kamu juga bisa mengaktifkan mode akurasi tinggi pada Google Maps untuk mempercepat pembacaan peta dengan akurat. Cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Pergi ke Pengaturan aplikasi > Lokasi > Aktifkan lokasi.
  • Ketuk mode Akurasi Tinggi untuk mengaktifkannya.
  • Pada beberapa ponsel, menu yang ditampilkan mungkin sedikit berbeda.

Buka kembali aplikasi Google Maps untuk memulai pencarian lokasi dengan akurat.

3. Aktifkan Wi-Fi

Google Maps membaca lokasi menggunakan beberapa sumber, yaitu GPS, Wi-Fi, dan menara seluler. Selain mengaktifkan lokasi dan akurasi yang tinggi, aplikasi ini juga memerlukan jaringan internet yang bagus untuk mengakses informasi.

Mengaktifkan Wi-Fi dapat membantu Google Maps lebih akurat karena proses ini akan melibatkan pemindaian sinyal Wi-Fi terdekat. Dengan begitu, aplikasi menjadi lebih mudah menemukan lokasi kamu, seperti dijelaskan laman Business Insider.  

4. Mulai ulang ponsel

Jika beberapa tips di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk menyetel ulang ponsel Android kamu. Ini akan membantu menghapus data lama atau sementara, dan memberikan data baru.

Pada beberapa kasus, penurunan akurasi pembacaan peta mungkin karena sensor GPS yang tidak berfungsi dengan baik, karena penumpukan data yang tidak valid. Sehingga menyetel ulang ponsel dapat “menyegarkan”  kembali data lama dan memuat informasi yang lebih valid.

5. Perbarui aplikasi Google Maps

Sistem operasi ponsel umumnya akan terus memperbarui sistemnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memperbaiki bug. Ini biasanya akan menghadirkan fitur-fitur terbaru yang belum tersedia di versi sebelumnya.

Nah, jika aplikasi Google Maps kamu belum update, memperbarui aplikasi bisa menjadi langkah yang bisa dicoba untuk meningkatkan akurasi Google Maps. Asumsinya, pembaruan tersebut akan menyertakan fitur terbaru terkait peningkatan akurasi pembacaan data lokasi. (*)

Sumber: IDN Times

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!