Libur Lebaran 2024, 11,7 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Ke Yogyakarta

BNews-JOGJA– Sekumpulan pemudik yang diperkirakan datang ke Jogja pada Lebaran tahun ini mencapai angka 11,7 juta orang. Informasi ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sumariyoto.

“Dengan menggunakan data dari hasil kajian dan survei Kemenhub, kami memprediksi jumlah pemudik yang menuju Jogja mencapai 11,7 juta,” ungkap Sumariyoto ketika dihubungi oleh Pandangan Jogja pada hari Kamis (21/3).

Jumlah pemudik yang tiba di Jogja ini menjadi yang keempat terbesar di antara provinsi-provinsi lain di Indonesia. Sementara itu, tujuan pemudik terbesar berada di Jawa Tengah, diperkirakan mencapai 61,6 juta orang.

Dengan jumlah pemudik sebanyak ini, pastinya akan terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas di wilayah DIY. Untuk mengantisipasi kemacetan yang parah, petugas akan melakukan pemantauan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran. Berbagai langkah antisipasi kemacetan sedang dipersiapkan, termasuk di dalamnya rekayasa lalu lintas.

“Disediakan berbagai jalur alternatif untuk mengurai kemacetan,”Perkiraan jumlah pemudik yang akan datang ke Jogja pada Lebaran tahun ini mencapai 11,7 juta orang menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sumariyoto.

Menurut Sumariyoto, data ini didasarkan pada hasil kajian dan survei Kementerian Perhubungan. Jogja menjadi salah satu provinsi dengan jumlah pemudik terbesar keempat di Indonesia.

Sementara itu, Jawa Tengah menjadi daerah tujuan mudik terbesar dengan perkiraan jumlah pemudik mencapai 61,6 juta orang.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Dengan jumlah pemudik yang begitu besar, diperkirakan akan terjadi kepadatan lalu lintas di wilayah DIY. Untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi, petugas akan melakukan pemantauan intensif mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Langkah-langkah antisipasi seperti rekayasa lalu lintas juga sedang dipersiapkan.

“Kami memiliki banyak jalur alternatif yang dapat digunakan untuk mengurai kemacetan,” ujar Sumariyoto. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: