Hari Ini, Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

BNews—BOYOLALI— Setelah beberapa waktu banyak mempertanyakan terkait mobil Esemka karya anak negeri ini. Akhirnya Presiden Joko Widodo resmikan pabrik PT Solo Manugaktur Kreasi alias Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali (6/9).

Diketahui Jokowi tiba di Pabrik Esemka pukul 10.48 WIB langsung melihat-lihat proses produksi selama 30 menit. Terakhir, Jokowi dan Menteri Perindustrian Menperin Airlangga Hartarto melakukan test drive mobil Esemka Bima 1200 cc jenis pikap dalam satu mobil.

Jokowi mengatakan bahwa tidak mudah bertarung di dunia otomotif dengan banyaknya kompetitor. Namun, sebagai anak bangsa kita harus optimistis dan menghargai karya anak bangsa.

“Saya tidak paksa. Setelah lihat proses produksi wajib membeli barang ini. Kalau membeli barang impor sangat kebangeten,” kata Jokowi sambil tersenyum.

Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluas 11,5 hektar dengan luas bangunan 12.500 meter persegi.

BACA JUGA : Jembatan Gantung Terpanjang di Magelang Bernama Jokowi, Ini Alasannya

Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, test road, lintasan, stok yard, dan inspeksi. 

Sejauh ini mobil merk tersebut telah memproduksi ratusan dua  jenis kendaraan niaga ringan (pikap), Esemka Bima 1.2L dan Esemka Bima 1.3L dengan harga produk senilai Rp 95 juta per unit.  “Produk Esemka ini brand dan pencetusnya Indonesia. Pabrik ini dirintis 10 tahun lalu oleh teknisi terbaik dari anak-anak SMK, saya bangga dengan ini semua,” ujar Jokowi.

Ditegaskan pula bahwa dalam memproduksi barang tidak hanya bisa membuat mobil, tapi juga harus bisa memasarkannya. Supplier komponen juga dari lokal. “Saya tahu kendala dalam memproduksi mobil tersebut. Memang komponen dari lokal belum bisa mencapai 80 persen. Sebagai usaha pertama otomotif lokal saya acungi jempol,” pungkasnya.(Interntet/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: