Hari ini Terjadi Satu Gempa MP dan 2 Tektonik di Merapi

BNews—DUKUN— Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta datang ke Magelang untuk melakukan kegiatan gladi posko dan gladi lapangan penanganan darurart bencana di Desa Sengi Kecamatan Dukun. Dalam kesempatan itu, Lembaga yang mengurusi gunung berapi itu menjelaskan kondisi terkini Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG Jogjakarta Hanik Humaida mengatakan saat ini kondisi di Gunung Merapi sudah kembali normal pascaletusan, kemarin (14/10). “Kondisi terkini sudah normal kembali aktivitas vulkaniknya normal,” kata dia, kepada sejumlah wartawan, siang tadi (15/10).

Advertisements


Kenormalan ini, menurutnya tetap menunjukkan jika Merapi beraktivitas. Sehingga tetap muncul gempa dan guguran dalam skala kecil. “Saat ini statusnya masih waspada. Artinya masyarakat harus tetap waspada dengan aktivitas Merapi karena potensi susulan masih ada,” tutur Hanik.


Menurutnya, aktivitas Merapi hari ini (15/10) terjadi satu kali gempa MP dan dua kali tektonik. “Artinya aktivitasya rendah,” kata dia.

Asap juga sudah kecil sekali, guguran juga kecil. Dari jam 00.00-06.00 WIB hanya ada 6 kali guguran. Kemudian 1 gempa MP 2 tektonik, artinya itu sangat rendah untuk aktivitasnya,” terang Hanik. Kendati aktivitasnya sudah kembali normal, Hanik mengatakan status Gunung Merapi tetap waspada hingga saat ini. Penetapan status waspada ini sudah ditetapkan sejak tanggal 21 Mei 2018. Jadi sudah 1 tahun 5 bulan. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: