Hari Ke-6 Operasi Patuh Candi 2020, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terjaring

BNews—JATENG—Operasi Patuh Candi 2020 telah berlangsung selama enam hari yakni mulai tanggal 23 sampai 29 Juli 2020. Hingga hari ke-6, Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng telah mencatat ribuan pelanggar di seluruh jajaran.

Menurut catatan, terdapat 7.571 pelanggar per hari Rabu (29/7/2020). Terbagi dalam kejadian kecelakaaan lalu lintas sebanyak 201 kali dan pelanggaran 7.571 kali, yang meliputi pengendara ditilang 3.574 kali dan mendapat teguran 4.892 kali.

Sementara untuk kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas selama operasi patuh berjumlah 46.434 kali dan pengaturan Turjawali 29.570 kali. ”Operasi ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Penindakkan pelanggar lalu lintas dengan memberikan tilang,” kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi.

Dia menjelaskan, masyarakat yang melakukan pelanggaran akan langsung ditindak dengan memberikan tilang. Terutama bagi yang melanggar lalu lintas hingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Tercatat, kendaraan roda dua menjadi pelanggar terbanyak dibanding dengan kendaraan roda empat dan kendaraan barang.  Sedangkan pelanggaran terbanyak pengendara sepeda motor adalah melawan arus lalu lintas dan tidak menggunakan helm dan pelanggaran stop line.

”Untuk pelanggaran terbanyak kendaraan roda empat adalah pelanggaran stop line , melaju di bahu jalan tol, melawan arus lalu lintas dan menggunakan strobo atau rotator,” jelas Kapolda.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Arman Achdiat mengungkapkan bahwa pelaksanaan operasi patuh kali ini lebih mengedepankan tindakan preemtif sebesar 40 persen. Kemudian preventif 40 persen dan penegakan hukum 20 persen.

Loading...

”Selain itu juga memberikan sosialisasi dan imbauan tentang bagaimana masyarakat bersikap di masa adaptasi kebiasaan baru,” ungkapnya.

Selain pelanggaran, operasi ini juga menyasar pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Yakni mengingatkan untuk menjaga kesehatan, menggunakan masker saat berkendara atau beraktivitas diluar rumah. (Saibumi/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: