Harta Karun Di Wadas Purworejo Disebut Juga Ada di Magelang

BNews–JATENG– Baru baru ini Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, viral di media sosial dan ramai diberitakan belakangan ini.

Ternyata ada harta karun tersembunyi di Desa Wadas. Harta karun di Desa Wadas itu berupa sumber daya alam (SDA) bernilai tinggi.

Menurut ahli bumi, Koordinator Mineral pada Pusat Sumber Daya Minerba dan Panas Bumi Badan Geologi; Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) Moehamad Awaludin, Desa Wadas memang termasuk daerah dengan komoditas batu andesit.

Dia menjelaskan,  andesit di kawasan ini termasuk dalam satuan formasi Kulon Progo atau andesit Tua.

Setidaknya, terdapat dua jenis andesit di Purworejo dan sekitarnya. Pertama, andesit dalam bentuk batuan beku Intrusi. Kedua, terdapat pada sedimen breksi yang yang merupakan bagian dari formasi Giripurwo.  

“Batuan ini pada dasarnya bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti batu urug atau batu pondasi. Secara umum andesit di  daerah Purworejo yang dalam bentuk intrusi mempunyai kualitas lebih baik, ” kata Moehamad Awaludin.

Dia memastikan, walaupun bernilai ekonomi tinggi, batuan andesit di Desa Wadas  termasuk dalam golongan mineral bukan logam.

Material yang ada di Desa Wadas tidak termasuk langka atau kritis. Sebab, di sekitar daerah tersebut, Kabupaten Kulonprogo dan Magelang, bahan tersebut banyak ditemukan.

“Salah satu kriteria untuk mineral bukan logam kelompok bahan bangunan nilai ekonomisnya terutama ditentukan oleh akses, yaitu kemudahan penambangan atau pengambilannya serta jauh dan tidaknya dari lokasi penggunaannya,” ujar Moehamad Awaludin. (*/inews)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!